Selasa 31 Maret 2020, 21:50 WIB

Polri Tegaskan Dukung Pemerintah Tangani Covid-19

Tri Subarkah | Megapolitan
Polri Tegaskan Dukung Pemerintah Tangani Covid-19

Antara
Petugas kepolisian membubarkan warga yang berkumpul di pinggir jalan di Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan, Minggu (29/3)

 

Kepolisian Republik Indonesia (Polri) menyatakan kesiapannya dalam membantu kebijakan pemerintah terkait penanganan virus covid-19. Presiden Joko Widodo telah menyampaikan kebijakan pembatasan sosial berksala besar dengan didampingi kebiijakan darurat sipil.

"Berkaitan dengan kebijakan pemerintah dalam penanganan covid-19, tentunya Polri akan membantu kebijakan pemerintah dengan penuh. Kita akan mem-back up dengan melakukan kegiatan-kegiatan berkaitan dengan maklumat Kapolri," kata Kepala Biro Penerangan Masyarkat Divisi Humas Polri Brigjen Argo Yuwono di Gedung Bareskrim Mabes Polri, Selasa (31/3).

Pada kesempatan itu, Argo menekankan Polri melakukan operasi kepolisian Aman Nusa guna mengamankan kebijakan tersebut. Fokusnya, sambung Argo, adalah untuk melakukan pengawasan terhadap pelaksanaan physical distancing.

Baca juga: Gaya Persuasif Polri Dinilai Tepat Bubarkan Kerumunan

"Intinya bahwa dari pihak kepolisian tetap menyampaikan edukasi kepada masyarakat dan hal-hal yang tidak diperbolehkan di masyarakat untuk memutus jaringan penyebaran covid-19," ujar Argo.

Hari ini misalnya, Argo mengatakan seluruh polda maupun polres di wilayah Indonesia melakukan penyemprotan cairan disinfektan di tempat-tempat umum. Pelaksanaan penyemprotan tersebut dilakukan bersama oleh aparat TNI dan pemerintah daerah setempat.

Selain itu, Korps Bhayangkara juga mengawasi kebutuhan bahan pokok bagi masyarakat. Argo menyebut Satgas Pangan Polri menjamin ketersediaan, distribusi, dan harga bahan pangan pokok.

Terpisah, Kapolri Jendral Idham Azis menyebut pihaknya telah melakukan kegiatan pembubaran kerumunanan massa sebanyak 9.733 kali di seluruh wilayah Indonesia sampai hari Sabtu (28/3).

"Edukasi kepada masyarakat sebanyak 18.935 kegiatan, publikasi humas dan imbauan sebanyak 35.954 kegiatan," papar Idham saat rapat kerja bersama Komisi III DPR, Selasa (31/3). (OL-14)

Baca Juga

Dok.TNI

Tiba Pagi Tadi, 818 ABK Indonesia Langsung Jalani Isolasi

👤Insi Nantika Jelita 🕔Jumat 29 Mei 2020, 18:05 WIB
Sebanyak 818 anak buah kapal (ABK) Indonesia yang bekerja di kapal pesiar tiba di Pelabuhan Tanjung Periok, Jakarta Utara, Jumat...
Antara

Tunjangan Kerja Daerah PNS DKI Resmi Dikurangi

👤Putri Anisa Yuliani 🕔Jumat 29 Mei 2020, 17:50 WIB
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan resmi menerbitkan payung hukum untuk pengurangan tunjangan kinerja daerah (TKD) PNS...
ANTARA FOTO/Fauzan

Ke Jakarta Tak Bawa SIKM, Siapkan Rp1,2 Juta untuk Tes Swab

👤Selamat Saragih 🕔Jumat 29 Mei 2020, 16:55 WIB
Pendatang tanpa memiliki Surat Izin Keluar Masuk ( SIKM) dan keterangan kesehatan bebas COVID-19 diwajibkan mengikuti tes swab dengan biaya...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya