Selasa 31 Maret 2020, 21:29 WIB

122 Perjalanan KA Dibatalkan Sebulan Penuh

Ardi Teristi Hardi | Nusantara
122 Perjalanan KA Dibatalkan Sebulan Penuh

Antara
Pembatalan jadwal kereta api

 

SEBANYAK 122 perjalanan kereta api yang berangkat dari Daop 6 maupun melintas di Daop 6 dibatalkan perjalanannya. Kebijakan tersebur mulai diberlakukan 1 April-30 April.

"Ke-122 perjalanan tersebut KA Jarak jauh dan KA bandara, baik Yogyakarta International Airport maupun Bandara Adisumarmo," kata Manajer Humas PT KAI Daop 6, Eko Budiyanto, Selasa(31/3)

Adapun KA yang mengalami pembatalan operasional antara lain KA Bandara Internasional Yogyakarta (KA Bandara YIA) sebanyak 24 perjalanan dan KA Bandara International Adi Soemarmo (KA BIAS) sebanyak 46 perjalanan. Selain itu untuk KA jarak jauh memenuju ke berbagai relasi baik ke arah Timur (Surabaya, Malang, maupun Banyuwangi) dan menuju ke arah Barat (Jakarta & Bandung) sebanyak 52 perjalanan.

Menurut dia, kondisi perjalanan KA sepi penumpang. Masyarakat mematuhi anjuran pemerintah agar sebisa mungkin tetap berada di rumah. Alhasil, jumlah penumpang jadi turun drastis. Setiap perjlaanan hanya sekitar 10-15 penumpang.

Wabah Covid-19 berdampak pada operasional KA. PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daop 6 Yogyakarta pada hari - hari biasa sebelum mewabahnya Covid-19 biasa mengantarkan tidak kurang dari 30.000 penumpang per hari.

Sejak mewabahnya virus corona jumlah penumpang KA sejak awal Maret berangsur angsur berkurang bahkan pada akhir Maret jumlah penumpang yang menggunakan jasa KA dibawah 20%.

Dari awal Maret 1/3/2020 s.d 31/3/2020 tercatat sekitar 27.106 orang melakukan pembatalan tiket dan sebanyak 4.754 melakukan rubah jadwal. Adapun untuk pembatalan tiket dan rubah jadwal bisa dilakukan di loket stasiun pembatalan yang sudah ditentukan atau melalui aplikasi KAI Acces.Calon penumpang yang membatalkan tiket dikembalikan 100 persen uangnya. Pembatalan bisa lewat KAI access ataupun datang ke stasiun.

"Kami mohon maaf atas adanya penyesuaian berupa pengurangan operasional KA tersebut. Semoga wabah Covid-19 dapat segera berlalu, dan perjalanan KA dapat kembali normal. Khusus untuk penumpang KA baik perorangan maupun rombongan yang membatalkan tiket untuk keberangkatan KA selama periode tanggal 23 Maret s.d 29 Mei 2020 akan mendapat pengembalian bea sebesar 100%," kata dia.

PT KAI Daop 6 saat ini tetap menjalankan kereta-kereta penugasan, seperti Prameks. Perjalanan kereta api akan kembali normal setelah Pandemi Covid-19 berlalu. (OL-2)

 

 

Baca Juga

Antara

Selain Risma. Khofifah Juga Telepon Doni Monardo soal Mobil Lab

👤Henri Siagian 🕔Jumat 29 Mei 2020, 23:43 WIB
"Kami mengirim surat permohonan dukungan percepatan penegakan diagnosis covid-19. Di dalam surat, kami mengajukan permohonan 15 unit...
Antara

Mobil Lab Dipakai di Daerah Lain, Risma Mengadu ke Doni Monardo

👤Henri Siagian 🕔Jumat 29 Mei 2020, 23:22 WIB
Awalnya, kata dia, mobil itu digunakan untuk pasien di Asrama Haji dan Dupak Masigit. Mobil laboratorium yang mestinya di Asrama Haji pada...
Antara

Amankan Pasokan Beras, Percepat Musim Tanam Kedua

👤Palce Amalo 🕔Jumat 29 Mei 2020, 21:55 WIB
Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo mengatakan pihaknya melakukan gerakan percepatan tanam padi di lahan seluas 5,6 juta hektare...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya