Selasa 31 Maret 2020, 20:35 WIB

CIMB Niaga Syariah Fasilitasi Pengumpulan Zakat Pakai QR Code

Raja Suhud | Ekonomi
CIMB Niaga Syariah Fasilitasi Pengumpulan Zakat Pakai QR Code

Antara/Abriawan Abhe (str)
Direktur Syariah Bank CIMB Niaga Pandji P Djajanegara (kanan) dan Kepala Bank CIMB Niaga Kalimantan dan Indonesia Timur Alip Hanoky (kiri)

 

Unit Usaha Syariah (UUS) PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga Syariah) bersinergi dengan Lembaga Amil Zakat Nasional Daarut Tauhid Peduli (DT Peduli) menyediakan layanan pembayaran Zakat, Sedekah, dan Wakaf secara digital menggunakan QR Code. 

Program tersebut akan diimplementasikan di 2.500 Masjid Mitra Pengelola Zakat dan Kantor Perwakilan DT Peduli yang tersebar di berbagai kota di Tanah Air.

Direktur Syariah Banking CIMB Niaga Pandji P. Djajanegara mengatakan, melalui kerja sama ini CIMB Niaga Syariah membantu para pengurus Masjid dalam mengoptimalkan penghimpunan dana Zakat, Sedekah, dan Wakaf dari jamaah secara non-tunai (cashless). Hal ini sejalan dengan semakin meningkatnya minat masyarakat untuk bertransaksi finansial melalui aplikasi pembayaran digital.

“Sebagai UUS Bank BUKU 4 dengan layanan perbankan digital terlengkap di Indonesia, CIMB Niaga Syariah siap memfasilitasi para pengurus Masjid melakukan digitalisasi pengelolaan Zakat, Sedekah, dan Wakaf agar lebih transparan dan mudah diakses oleh masyarakat. Salah satu inisiatif tersebut yaitu memanfaatkan QR CIMB Niaga Syariah sebagai media pembayaran Zakat, Sedekah, dan Wakaf,” kata Pandji di Jakarta, Selasa (31/3/2020).

Implementasi dari kerja sama tersebut kini telah dilakukan dengan menyediakan 132 QR CIMB Niaga Syariah yang tersebar di Masjid, mitra, dan Kantor Perwakilan DT Peduli. Dalam program ini, masing-masing Masjid diberikan 3 QR Code sesuai jenis donasinya yaitu Zakat, Sedekah, dan Wakaf. QR tidak hanya disediakan di dalam Masjid, para pengurus pun dapat menyebarkannya kepada jamaah melalui smartphone, sehingga donasi tetap dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja.

Pandji bersyukur, pada tahap pilot project, hasil transaksi donasi Zakat, Sedekah, dan Wakaf melalui QR Code menunjukkan tren positif. Ia berharap, performa yang baik tersebut dapat terus dijaga dan ditingkatkan seiring terus bertambahnya Masjid mitra DT Peduli yang akan mengimplementasikan QR Code untuk pembayaran Zakat, Sedekah, dan Wakaf para jamaah. 

Seperti diketahui, membayar Zakat, Sedekah, dan Wakaf menggunakan QR Code mudah dilakukan dan praktis. Nasabah cukup membuka aplikasi Go Mobile CIMB Niaga dan pilih fitur QR Payment. Kemudian pindai/scan QR yang tersedia, masukkan jumlah yang ingin didonasikan dan kirim. 

Adapun bagi masyarakat yang belum menjadi nasabah CIMB Niaga Syariah, pembayaran Zakat, Sedekah, dan Wakaf dapat dilakukan dengan scan QR menggunakan dompet digital (e-wallet) atau aplikasi lain yang telah menerapkan Quick Response Indonesian Standard (QRIS). 

Pandji menjelaskan, dana yang dikumpulkan dari program ini akan disalurkan untuk meningkatkan kemakmuran Masjid. Selain itu, donasi tersebut juga akan digunakan DT Peduli untuk membantu masyarakat dalam menghadapi merebaknya pandemi Corona (Covid-19).  (E-1)

Baca Juga

Antara

Pemerintah Pantau Data Covid-19 untuk Tentukan New Normal

👤Hilda Julaika 🕔Selasa 02 Juni 2020, 16:26 WIB
Pemerintah tengah memantau data dan fakta di lapangan mengenai kasus penyebaran covid-19 ini guna menentukan waktu yang tepat untuk...
ANTARA FOTO/Wahyu Putro A

BPS: 51,36 Juta Orang Berpartisipasi dalam Sensus Daring

👤M. Ilham Ramadhan Avisena 🕔Selasa 02 Juni 2020, 14:40 WIB
Sebanyak 51,36 juta orang atau 19,05% dari total 270 juta masyarakat Indonesia telah berpartisipasi dalam sensus penduduk...
MI/ANDRI WIDIYANTO

Ekspor Non Migas Meningkat Meningkat di Tengah Pendemik Covid-19

👤M. Iqbal Al Machmudi 🕔Selasa 02 Juni 2020, 14:17 WIB
Tujuan ekspor non migas Indonesia periode Januari-April 2020 sendiri tiga negara yakni Tiongkok sebanyak 16 persen, Amerika Serikat 11.9...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya