Selasa 31 Maret 2020, 20:31 WIB

Sumut dari Siaga Darurat Menjadi Tanggap Darurat Covid 19

Yoseph Pencawan | Nusantara
Sumut dari Siaga Darurat Menjadi Tanggap Darurat Covid 19

MI/Supardji Rasban
Tanggap darurat covid-19

 

PEMERINTAH Provinsi Sumatera Utara telah memutuskan untuk menaikkan status penanganan pandemi covid-19 di daerahnya setelah dalam beberapa hari terakhir jumlah pasien belum menunjukkan penurunan.

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan dan Penanganan Covid-19 Sumatera Utara Aris Yudhariansyah mengungkapkan, Pemprov Sumut mulai Selasa 31 Maret 2020 telah menaikkan status dari Siaga Darurat Bencana Non Alam Covid-19 menjadi Tanggap Darurat.

"Penaikan status ini ditetapkan dalam SK Gubernur Sumatera Utara yang ditetapkan pada hari Senin 30 Maret 2020," ujarnya, Selasa (31/3).

Penaikan status ini menurut Aris berdasarkan beberapa pertimbangan. Yang paling utama karena adanya kenaikan eskalasi orang yang terjangkit Covid-19 sehingga membutuhkan penanganan yang lebih cepat, tepat, fokus dan terpadu.

Penaikan status ini juga berdasar pada keputusan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) tentang Perpanjangan Status Nasional Tanggap Darurat Bencana Wabah Penyakit akibat Virus Corona di Indonesia.

Selain menaikkan status, Pemprov Sumut juga menetapkan perpanjangan masa waktu bencana dari sebelumnya yang berakhir pada 30 Maret 2020, menjadi 29 Mei 2020.

Terkait dengan penaikan status ini, dilakukan juga perubahan struktur Gugus Tugas Sumut, menindaklanjuti Keppres Nomor 9 Tahun 2020.

Jika sebelumnya Ketua Gugus Tugas Sumut adalah Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Riadil Akhir Lubis, maka saat ini Gugus Tugas dipimpin langsung Gubernur Edy Rahmayadi, dengan Wakil I Pangdam Bukit Barisan dan Wakil II Kapolda Sumut.(OL-2)

 

Baca Juga

Antara

Awasi PSDD, Anggota Polisi di Jayapura Ditabrak Pemabuk

👤Henri Siagian 🕔Selasa 02 Juni 2020, 16:16 WIB
Saat itu, korban Bripda Tri Indra Pamungkas, 19, sedang mengawasi PSDD di perempatan Dok...
MI/Lilik Dharmawan

Purbalingga belum akan Terapkan New Normal

👤Lilik Dharmawan 🕔Selasa 02 Juni 2020, 15:30 WIB
Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi mengatakan sampai sekarang kasus positif covid-19 di Purbalingga masih...
dok.medcom

Banjarmasin Urung Terapkan New Normal Covid-19

👤Denny S 🕔Selasa 02 Juni 2020, 15:25 WIB
TERUS bertambahnya angka penderita virus korona (Covid-19) membuat Pemerintah Kota Banjarmasin mengurungkan penerapan kebijakan new...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya