Selasa 31 Maret 2020, 13:30 WIB

Bangun Kekuatan Imun dengan Tiga Asupan Utama Ini

Melalusa Susthira K | Weekend
Bangun Kekuatan Imun dengan Tiga Asupan Utama Ini

Unsplash/ Caroline Attwood
Protein merupakan asupan penting untuk imun tubuh, salah satu sumbernya adalah daging ikan.

DI tengah pandemi covid-19 yang belum ditemukan vaksinnya, sistem kekebalan atau sistem imun menjadi perangkat penting tubuh guna menangkal virus baru tersebut. Sistem imun melindungi tubuh dengan mengidentifikasi benda asing, mulai dari virus, bakteri, hingga parasit, kemudian mencari dan menghancurkannya. Namun, agar sistem imun dapat berfungsi baik untuk melindungi dan menjaga tubuh dari infeksi akan bergantung pada nutrisi baik yang dikonsumsi. Berikut adalah tiga asupan penting untuk membantu menjaga sistem kekebalan tubuh agar tetap dalam kondisi prima:

1. Protein
Sistem imun diketahui memiliki kekuatan khusus dalam bentuk sel darah putih. Sel-sel tersebut menghasilkan protein khusus yang disebut antibodi -- yang berfungsi mencari dan menghancurkan virus dan bakteri yang menyerang tubuh. Karena antibodi sendiri adalah protein, untuk itu tubuh memerlukan protein yang cukup dalam asupan makanan guna memastikan dapat memproduksi antibodi yang dibutuhkan tersebut. 

Protein sehat seperti yang terdapat dalam ikan, unggas, daging tanpa lemak, kedelai, dan produk susu rendah lemak, menyediakan bahan pembangun yang dibutuhkan tubuh untuk membuat protein khusus tersebut.

2. Buah dan Sayur
Buah dan sayur memiliki peranan kunci dalam kesehatan sistem imun. Hal tersebut karena buah dan sayur merupakan sumber vitamin A dan C, serta fitonutrien. Vitamin C diketahui mendorong tubuh untuk memproduksi antibodi, sementara vitamin A mendukung kesehatan kulit dan jaringan saluran pencernaan, serta sistem pernapasan. Kedua hal tersebut bertindak sebagai langkah pertama pencegahan terhadap 'penjajah asing' masuk ke tubuh.

Adapun fitonutrien yang banyak ditemukan dalam buah-buahan dan sayuran, bertindak sebagai antioksidan. Antioksidan sendiri dapat membantu mengurangi stres oksidatif pada tubuh yang dapat melemahkan kemampuan tubuh untuk melawan suatu penyakit.

3. Bakteri Baik
Menjaga kesehatan sistem pencernaan juga tak kalah penting dalam mendukung fungsi sistem imun dalam tubuh. Hal tersebut lantaran saluran pencernaan menjadi rumah bagi triliunan bakteri yang memiliki banyak fungsi dalam meningkatkan kesehatan tubuh. Beberapa jenis bakteri diketahui membantu memecah serat dalam makanan, sementara bakteri yang lain mengonsumsi gas usus, dan ada pula bakteri yang membantu menghasilkan vitamin, seperti vitamin K dan B12.

Bersamaan dengan saluran pencernaan tubuh yang dipenuhi dengan bakteri baik, bakteri berbahaya dapat pula memasuki dan menjejali saluran pencernaan. Untuk itu dibutuhkan lebih banyak bakteri baik untuk mengalahkan bakteri berbahaya di dalam saluran pencernaan. Beberapa sumber asupan bakteri baik di antaranya ialah produk susu yang difermentasi dengan kultur bakteri, seperti yoghurt dan kefir. (M-1)

Baca Juga

Instagram/DitaKarang

Dita Karang Tolak Dukungan Materi dari Orang Tua

👤Abdillah Marzuqi 🕔Senin 25 Mei 2020, 09:12 WIB
Saat merintis karier di Seoul, ia memutuskan hidup mandiri tanpa bantuan materi dari...
Unsplash/ Meritt Thomas

Pasca Pandemi, Model Hunian ini Yang Dibutuhkan

👤Fetry Wuryasti 🕔Minggu 24 Mei 2020, 15:50 WIB
Sebagai antisipasi ancaman wabah maka hunian membutuhkan sistem ventilasi yang baik dan juga ruang transisi sebelum masuk ke rumah...
Kick Andy

Upayakan Suplemen Untuk Tenaga Medis

👤Galih Agus Saputra 🕔Minggu 24 Mei 2020, 12:25 WIB
Grup nasyid Snada menggelar penggalangan dana untuk bantuan suplemen bagi tenaga...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya