Selasa 31 Maret 2020, 06:56 WIB

Pekanbaru Siapkan 180 Kamar Rusunawa Untuk Karantina TKI

Antara | Nusantara
Pekanbaru Siapkan 180 Kamar Rusunawa Untuk Karantina TKI

ANTARA FOTO/Rony Muharrman
Warga memasang spanduk di depan Rusunawa Rejosari di Kelurahan Bambu Kuning, Pekanbaru, Riau, Senin (30/3/2020)

 

PEMERINTAH Kota Pekanbaru, Provinsi Riau, sudah menyiapkan 180 kamar di Rumah Susun Sewa Rejosari untuk karantina Tenaga Kerja Indonesia (TKI) asal daerah tersebut yang pulang akibat kebijakan lockdown Malaysia.

"Hari ini kita dapat info ada lima orang sudah di Dumai, dan akan dijemput sehingga jam 11 malam ini tiba di Pekanbaru," kata Kepala Dinas Perhubungan Pekanbaru, Yuliarso di Pekanbaru, Senin (30/3).

 Ia mengatakan atas perintah Wali Kota Pekanbaru Firdaus, dua menara (tower) 3 dan 4 Rusunawa Rejosari di Jl. Karya Bakti Kelurahan Bambu Kuning, Kecamatan Tenayan Raya menjadi tempat karantina TKI asal Riau. Sedangkan warga yang selama ini tinggal di dua menara tersebut, dipindahkan ke menara lain. Namun ada warga yang memilih pindah dari lokasi itu karena ketakutan.

"Kita pindahkan warga ke tower di depan. Ada 180 kamar kosong untuk saudara kita TKI yang merupakan warga kita berdasarkan KTP Pekanbaru," ujarnya. 

TKI asal Pekanbaru tersebut, lanjutnya, berstatus Orang Dalam Pemantauan (ODP) karena datang dari Malaysia yang merupakan negara pandemi Covid-19. Mereka akan diisolasi selama 14 hari di Rusunawa Rejosari sesuai protokol kesehatan. Mereka juga akan mendapatkan makan, minum dan kebutuhan lainnya. 

Ia mengakui pada Senin siang ada penolakan dari warga setempat terhadap rencana rusunawa menjadi tempat karantina TKI. Menurut Yuliarso, Pemko Pekanbaru akan terus menyosialisasikan pentingnya isolasi bagi masyarakat karena penularan Virus Corona jenis baru sangat cepat.

"Saya kira tinggal nanti kita berikan pengertian. Ini (TKI) kan saudara kita juga. Masyarakat juga harus cerdas dalam artian memahami perkembangam virus Covid-19 ini," harapnya.

baca juga: Gugus Tugas Sulsel Uji Coba Drone Deteksi Suhu Tubuh Warga

Pemerintah Kota Pekanbaru sudah menetapkan status tanggap darurat Covid-19. Sejauh ini, sudah ada dua warganya yang positif terinfeksi virus mematikan itu meski sudah ada yang dinyatakan sembuh dan boleh pulang. Berdasarkan data Dinas Kesehatan Pekanbaru, hingga Senin (30/3) sore terdapat 440 ODP dan 47 pasien dalam pengawasan (PDP). (OL-3)

Baca Juga

ANTARA

Cuaca Buruk Kembali Landa Perairan NTT

👤Palce Amalo 🕔Jumat 03 Juli 2020, 03:55 WIB
Gelombang tinggi dan angin kencang melanda wilayah NTT sejak dua hari terakhir. membuat perahu nelayan terutama di bawah 10 GT tidak bisa...
MI/Djoko Sardjono

Klaten Siaga Darurat Bencana Kekeringan

👤Djoko Sardjono 🕔Jumat 03 Juli 2020, 03:25 WIB
BPBD Klaten telah siap melakukan kegiatan pengedropan air untuk membantu warga masyarakat yang kesulitan mendapatkan air bersih akibat...
DOK MI

Pemkab Bangkalan Siapkan Ruang Isolasi Tambahan

👤Mohammad Ghazi 🕔Jumat 03 Juli 2020, 03:10 WIB
Penyiapan gedung olah raga sebagai tempat isolasi itu dilakukan karena ruang isoasi yang ada, sudah mulai penuh sementara jumlah kasus...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya