Selasa 31 Maret 2020, 03:30 WIB

Garin Nugroho: Doa dan Harapan untuk Film Nasional

Ant/H-3 | Humaniora
Garin Nugroho: Doa dan Harapan untuk Film Nasional

MI/PANCA SYURKANI
Sutradara Garin Nugroho.

 

HARI Film Nasional yang jatuh pada 30 Maret di­sambut dengan ucapan dan harapan dari para pekerja film Indonesia agar industri film semakin maju dan kreatif.

Sutradara Garin Nugroho, 58, melalui Instagram-nya, kemarin, mengungkapkan keberadaan film ialah sebagai media yang memberi inspirasi bagi penonton. Film, lanjut Garin, juga bisa menjadi sarana menggugat suatu keadaan.

“Selamat Hari Film, dikenal awalnya sebagai gambar hidup, ia akan menemani dan menghidupkan ruang hidup kita lewat beragam media dengan aliran gambar yang membawa inspirasi dan cara melihat hidup dalam beragam cara pandang, baik kenyataan, fiksi, ataupun ekspresi pembuat film, tentang cinta, kepahlawanan, kemanusiaan, gugat­an, renungan, karakter manusia, hingga peristiwa tak tersentuh dalam hidup kita,” ujar pemenang penghargaan untuk sutradara terbaik dalam Piala Citra 2019 melalui film Kucumbu Tubuh Indahku tersebut.

“Doa kebersamaan untuk mereka yang hidup dan menghidupi film #historiagarin @ifdc #demifilm­indonesia #cinema #film#pusbangfilm,” lanjutnya.

Sosok laki-laki kelahiran Yogyakarta itu dikenal luas setelah film pertamanya, Cinta dalam Sepotong Roti (1990), membentot perhatian publik. Film itu bahkan memenangi penghargaan sutradara pendatang baru di ajang Asia-Pacific Film Festival (1992). (Ant/H-3)

Baca Juga

ANTARA/Syaiful Arif

Kemenag Siapkan Protokol Kesehatan untuk Pesantren

👤Fachri Audhia Hafiez 🕔Sabtu 30 Mei 2020, 12:45 WIB
Penyusunan protokol kesehatan dilakukan guna menghindari warbah covid-19 merebak di lingkungan...
Ist/Dok.MI

Ikatan Pesantren Indonesia Tunggu Protokol Kesehatan Normal Baru

👤Antara 🕔Sabtu 30 Mei 2020, 12:10 WIB
Sebelumnya, Menteri Agama (Menag) Fachrul Razi mengatakan pemerintah sedang mengkaji untuk kembali membuka pesantren secara...
MI/Dwi Apriani

Sebanyak 63 Ribu Desa Telah Terima BLT

👤Theofilus Ifan Sucipto 🕔Sabtu 30 Mei 2020, 12:00 WIB
"Jumlah ini artinya sudah 85% dari total 74.953...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya