Selasa 31 Maret 2020, 03:00 WIB

Berhitung Matang sebelum Mengunci Kota

JI/DG/YH/MR/DW/PO/N-2 | Nusantara
Berhitung Matang sebelum Mengunci Kota

ANTARA FOTO/Oky Lukmansyah
Pemasangan beton isolasi wilayah Kota Tegal, Jawa Tengah, Minggu (29/3/2020).

 

KENEKATAN Wali Kota Tegal, Jawa Tengah, Dedy Yon Supriyono melakukan karantina wilayah secara ketat berbuah protes. Sejumlah warga yang hidup dengan pendapatan harian meminta kebijakan keras itu juga diikuti pemenuhan kebutuhan hidup mereka.

Kemarin, protes datang dari anggota DPR RI asal Tegal, Dewi Aryani. “Keputusan memagar beton di perbatasan jalan antarkota dan kabupaten dan jalan provinsi itu harus dikoreksi kembali,” tuturnya, kemarin.

Dia meminta Dedy membuka dan menggeser lagi pagar beton itu. Pemasangan pagar beton baru boleh dilakukan jika peraturan pemerintah soal karantina wilayah sudah diterbitkan.

“Wali kota bisa melakukan isolasi dulu di permukiman jika ada pasien positif untuk membatasi area penjangkitan. Kota Tegal bukan negara sendiri dan harus patuh kepada pemerintah pusat,” tegas anggota Komisi IX itu.

Memilih realistis, Pemerintah Kota Cimahi, Jawa Barat, mengaku tidak akan melakukan isolasi ketat alias lockdown. Pilihan mereka ialah pembatasan aktivitas di luar rumah bagi masyarakat untuk memutus rantai penyebaran covid-19.

“Kalau lockdown jelas tidak mungkin diterapkan. Tapi, kalau karantina kawasan, masih mungkin, meskipun agak sulit juga,” terang Sekretaris Daerah Kota Cimahi, Dikdik S  Nugrahawan. Pembatasan aktivitas masyarakat akan mulai dite-rapkan pada Selasa (31/3) sejak pagi hingga sore.

Sementara itu, Pemerintah Provinsi Sumatra Barat juga akan melakukan pembatasan selektif bagi setiap orang yang masuk ke wilayah itu, mulai 31 Maret hingga 12 April. (JI/DG/YH/MR/DW/PO/N-2)

Baca Juga

Antara

Awasi PSDD, Anggota Polisi di Jayapura Ditabrak Pemabuk

👤Henri Siagian 🕔Selasa 02 Juni 2020, 16:16 WIB
Saat itu, korban Bripda Tri Indra Pamungkas, 19, sedang mengawasi PSDD di perempatan Dok...
MI/Lilik Dharmawan

Purbalingga belum akan Terapkan New Normal

👤Lilik Dharmawan 🕔Selasa 02 Juni 2020, 15:30 WIB
Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi mengatakan sampai sekarang kasus positif covid-19 di Purbalingga masih...
dok.medcom

Banjarmasin Urung Terapkan New Normal Covid-19

👤Denny S 🕔Selasa 02 Juni 2020, 15:25 WIB
TERUS bertambahnya angka penderita virus korona (Covid-19) membuat Pemerintah Kota Banjarmasin mengurungkan penerapan kebijakan new...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya