Selasa 31 Maret 2020, 00:40 WIB

Ekonomi Harus Tetap Bergerak

M Ilham Ramadhan | Ekonomi
Ekonomi Harus Tetap Bergerak

MI/AGUS MULYAWAN
Menteri BUMN Erick Thohir.

 

Menteri BUMN Erick Thohir menegaskan roda perekonomian harus tetap berjalan kendati pemerintah dan seluruh elemen masyarakat saat ini sedang berfokus menanggulangi pandemi virus korona (covid-19) yang melanda Indonesia dan seluruh dunia.

“Penting sekali bagi kita untuk memberikan sinyal positif, bahwa di tengah-tengah kita sangat harus fokus terhadap wabah covid-19 ini di mana kita menanggulanginya, tetapi ada hal penting juga yang harus kita lakukan yakni tetap perekonomian kita harus jalan,” ujar Erick Thohir di Jakarta, kemarin.

Menteri BUMN itu mengakui bahwa perjuangan melawan pandemi covid-19 yang dilakukan pemerintah bersama seluruh elemen bangsa sangatlah berat, tetapi kewajiban untuk membangun negeri harus tetap berjalan.

“Karena itu kita tahu banyak sekali proyek-proyek strategis yang ada di BUMN, apakah yang namanya pembangunan kilang, destinasi wisata, dan lain-lainnya ini harus tetap berjalan,” kata Erick dalam telekonferensi pers bersama Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia di Kementerian BUMN, Jakarta.

Erick dan Bahlil sebelumnya menandatangani nota kesepahaman untuk saling mendukung fungsi dan tugas dua instansi negara tersebut.

Melalui penandatanganan kesepahaman tersebut, berbagai proyek strategis negara diharapkan tetap terus berjalan. Salah satunya melalui kerja sama dengan BKPM sebagai instansi yang berwenang untuk memberikan izin.

Kerja sama yang dapat dilakukan antara BUMN dan BKPM antara lain berupa pertukaran informasi dan data untuk peningkatan realisasi investasi, percepatan perizinan berusaha, kegiatan promosi bersama (joint promotion), serta fasilitasi investasi perusahaan BUMN yang berada di bawah pembinaan Kementerian BUMN.

BUMN, imbuh Erick, terus melakukan peninjauan arus uang di perusahaan BUMN untuk menentukan proyek yang perlu didahulukan atau ditunda sementara.

Di kesempatan yang sama, Bahlil menuturkan perusahaan BUMN banyak memiliki proyek strategis dan kerap terkendala pada persoalan perizinan.

BKPM hadir untuk memberikan pelayanan khusus kepada perusahaan milik negara guna memastikan proyek yang di-kerjakan tetap berjalan.

“Harapan kami, dengan MoU ini, kita bisa ­menghilangkan sekat-sekat itu,” pungkas ­Bahlil.

Proyek strategis

Erick juga memaparkan beberapa proyek strategis seperti pengadaan listrik 35 ribu mega watt yang tengah digarap PLN menjadi salah satu yang perlu didahulukan pengerjaannya.

“Jangan sampai kita telat lagi. Ketika negara lain ecover kita masih terjebak korona lagi. Ini yang tidak boleh. Saya ingin memastikan, kita jalan terus, tapi tolong dipastikan mana yang penting dan mana yang ditunda,” jelas Erick.

Selain proyek strategis PLN, Erick juga memastikan proyek kereta cepat Jakarta-Bandung terus berjalan.

“Jadi yang namanya key performance indicator atau KPI yang kita perlihatkan kepada Bapak Presiden Joko ­Widodo, kita jalan terus, ­termasuk proyek kereta cepat,” tandas  Erick. (E-3)

Baca Juga

Istimewa

Tips agar Bisnis Berkelanjutan Dalam Pandemik Covid-19

👤Muhammad Fauzi 🕔Selasa 02 Juni 2020, 21:50 WIB
PANDEMIK Covid-19 membawa perubahan dalam bisnis kedepan. Khususnya dalam perilaku konsumen dan...
Dok Setpres

Presiden Bersyukur Perekonomian masih Bertumbuh

👤Nur Azizah 🕔Selasa 02 Juni 2020, 20:42 WIB
Selain aktivitas perekonomian, tempat ibadah pun akan segera dibuka secara...
Antara/Hafidz Mubarak

Luhut: Ekspor Besi dan Baja Bantu Ekonomi Indonesia

👤Despian Nurhidayat 🕔Selasa 02 Juni 2020, 20:36 WIB
Saat ini, sejumlah kontributor utama PDB mengalami pelemahan. Mulai dari perdagangan, pertanian, konstruksi, hingga...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya