Senin 30 Maret 2020, 20:31 WIB

Anies Pastikan 5 Kebutuhan ini Tersedia Jika Jakarta Lockdown

Putri Anisa Yuliani | Megapolitan
Anies Pastikan 5 Kebutuhan ini Tersedia Jika Jakarta Lockdown

Antara/Akbar Nugroho Gumay
Gubernur DKO Jakarta Anies Baswedan

 

GUBERNUR DKI Jakarta Anies Baswedan membenarkan Pemprov DKI Jakarta pernah meminta persetujuan pemerintah pusat untuk mengarantina Jakarta guna mengendalikan penularan infeksi virus korona.

Langkah yang diambil antara lain mengirimkan surat ke pemerintah pusat untuk meminta persetujuan agar Jakarta bisa dikarantina.

Anies pun menyebut, masyarakat tidak perlu khawatir karena ia akan tetap memprioritaskan lima sektor penting ini untuk tetap beroperasi dan memiliki akses keluar masuk Jakarta guna menunjang operasionalnya.

"Di dalam usulan kami ada beberapa sektor yang harus tetap bisa berkegiatan, adalah energi, pangan, kesehatan, komunikasi, dan keuangan. Itu yang kita pandang perlu mendapat perhatian," kata Anies di Balai Kota, Senin (30/3).

Baca juga : Anies: 283 Warga Jakarta Meninggal Selama Merebaknya Covid-19

Sektor-sektor itu diharapkan tetap mendapat akses karena berkaitan dengan kebutuhan pokok warga.

Selain lima sektor itu, Anies juga terbuka pada pemberian izin melintas perbatasan DKI pada sektor bisnis lainnya jika dibutuhkan.

"Tentu akan ada sektor-sektor esensial lain jadi itu contoh saja. Lima tapi tidak terbatas lima. Artinya kebutuhan pokok yang lain tetap harus bisa berkegiatan seperti semula. Jadi lima itu esensial," tukasnya.

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu menegaskan telah membahas dan menyiapkan skenario karantina wilayah di ibu kota baik transportasi hingga pendistribusian logistik.

"Kalau langkah, kita menyiapkan semua skenario. Hari-hari ini kita mengatur itu semua termasuk menyusun distribusi logistik untuk masyarakat," pungkasnya. (OL-7)

Baca Juga

Ilustrasi

DKI Belum Putuskan Buka Tempat Ibadah

👤Putri Anisa Yuliani 🕔Selasa 02 Juni 2020, 15:05 WIB
Pemprov DKI Jakarta sampai hari ini belum memutuskan untuk membuka tempat ibadah, karena masih menunggu keputusan evaluasi pembatasan...
MI/PIUS ERLANGGA

​​​​​​​DKI Harus Intensifkan Protokol Kesehatan saat New Normal

👤Insi Nantika Jelita 🕔Selasa 02 Juni 2020, 14:39 WIB
Pentingnya sosialisasi itu untuk membudayakan protokol kesehatan pencegahan Covid-19 di tengah masyarakat saat new...
MI/Pius Erlangga

328 Pekerja Migran Positif Covid-19 Dirawat di Wisma Atlet

👤Insi Nantika Jelita 🕔Selasa 02 Juni 2020, 14:35 WIB
Sebanyak 783 pekerja migran Indonesia terpapar covid-19. Mereka diinapkan di Rumah Sakit Darurat (RSD) Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya