Senin 30 Maret 2020, 20:25 WIB

Beroperasi Normal, Terminal Pulogebang Mulai Sepi Penumpang

Tri Subarkah | Megapolitan
Beroperasi Normal, Terminal Pulogebang Mulai Sepi Penumpang

MI/Tri Subarkah
Suasana di terminal keberangkatan terminal Pulogebang

 

SUASANA di Terminal Pulogebang, Jakarta Timur tampak sepi pada Senin (30/3) sore. Deretan bangku-bangku besi di lantai 2 tempat keberangkatan penumpang terlihat kosong.

Menurut salah satu petugas terminal, kondisi tersebut terjadi selama pandemi virus korona (covid-19) mewabah di Indonesia. Sebelum covid-19 mewabah, ia mengatakan jumlah penumpang dapat mencapai 2 ribu per hari. Sedangkan hari ini hanya berkisar di angka 1.500.

Fauzan, 33, salah satu calon penumpang sedang menunggu bus tujuan kampung halamannya di Purwokerto. Ia tidak mempedulikan pemerintah yang mengimbau masyarakat untuk tidak pulang kampung.

"Mau nggak mau harus pulang kampung. Soalnya di Jakarta kan sudah nggak kerja. Terus mau makan apa kita? Saya di proyek sudah lima hari nggak kerja," keluh Fauzan kepada Media Indonesia, Senin (30/3).

Ia menyebut dirinya sudah memeriksakan diri ke dokter sebelum balik ke kampung halamannya. Menurut dokter, sesampainya di Purwokerto ia harus mengisolasikan dirinya sampai 14 hari.

Baca juga : Perlu Kajian Ekonomi, Luhut Tunda Penghentian Operasi Bus AKAP

Kepulangan Fauzan ke Purwokerto dibayangi wacana penghentian operasional bus antar kota antar provinsi (AKAP). Namun Kasatpel Operasional dan Kemitraan Terminal Terpadu Pulogebang Afif M memastikan operasional Termina Pulogebang masih berjalan normal.

"Belum ada untuk penutupan, jadi yang di berita itu kita masih di tahap sosialisasi supaya dari pemilik perusahaan atau bus dan pengguna bus AKAP dan para karyawannya tidak kaget," terang Afif di hadapan wartawan.

Afif menegaskan keputusan penghentian operasional bus AKAP terkait covid-19 ada di tangan Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ).

"Kita masih menunggu keputusan dari BPTJ. Untuk saat ini kita masih operasional normal," pungkas Afif. (OL-7)

Baca Juga

Ilustrasi

DKI Belum Putuskan Buka Tempat Ibadah

👤Putri Anisa Yuliani 🕔Selasa 02 Juni 2020, 15:05 WIB
Pemprov DKI Jakarta sampai hari ini belum memutuskan untuk membuka tempat ibadah, karena masih menunggu keputusan evaluasi pembatasan...
MI/PIUS ERLANGGA

​​​​​​​DKI Harus Intensifkan Protokol Kesehatan saat New Normal

👤Insi Nantika Jelita 🕔Selasa 02 Juni 2020, 14:39 WIB
Pentingnya sosialisasi itu untuk membudayakan protokol kesehatan pencegahan Covid-19 di tengah masyarakat saat new...
MI/Pius Erlangga

328 Pekerja Migran Positif Covid-19 Dirawat di Wisma Atlet

👤Insi Nantika Jelita 🕔Selasa 02 Juni 2020, 14:35 WIB
Sebanyak 783 pekerja migran Indonesia terpapar covid-19. Mereka diinapkan di Rumah Sakit Darurat (RSD) Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya