Senin 30 Maret 2020, 20:13 WIB

Tingkatkan Kekebalan Tubuh selama Wabah Covid-19

Mediaindonesia.com | Weekend
Tingkatkan Kekebalan Tubuh selama Wabah Covid-19

Istimewa
Ilustrasi membuat jus atau smoothie.

VIRUS merupakan makhluk hidup berukuran mikro (mikroorganisme) yang hanya bisa hidup jika memiliki inang, seperti manusia atau hewan. Pada saat menemukan inangnya, virus akan menjelajah masuk ke dalam sel tubuh manusia dan dapat merusak sel tubuh.

Di tengah mewabahnya virus korona atau covid-19, menjaga kesehatan tubuh dan lingkungan, serta membatasi aktivitas di luar rumah, menjadi upaya pencegahan yang dipercaya mampu membantu menekan angka penyebaran virus.

Baca juga: Pengusaha Garmen: Harga APD Rp50 Ribu karena Calo Jadi Rp1 Juta

Hal itu diamini Dokter spesialis gizi klinik dr Diana F Suganda SpGK. Menurut Diana, ketika virus menemukan inangnya dibutuhkan imunitas tubuh yang berperan sebagai benteng untuk menahan dari serangan berbagai virus.

"Jika sistem kekebalan tubuh kita baik, virus memang akan tetap ada di dalam tubuh kita. Namun, virus tersebut bersifat dormant atau tertidur. Untuk memperkuat imunitas tubuh tentunya kita harus disiplin dalam hal memilih asupan,” ujar Diana dalam keterangan, Senin (30/3).

Asupan yang baik, lanjut Diana, harus mengandung semua unsur gizi secara seimbang. Satu piring makan harus mencakup karbohidrat, protein hewani, protein nabati, vitamin, dan mineral.

Ia menambahkan, langkah penting lain untuk mencegah penyebaran virus ialah rajin mencuci tangan dengan sabun, rutin berolahraga, istirahat cukup, dan menjaga kebersihan. Tidak hanya itu, upaya mengatasi penyebaran virus juga dapat dilakukan melalui teknologi.

Teknologi dalam peralatan rumah tangga Beko diyakini bisa membantu upaya menjaga kesehatan. Seperti, teknologi lapisan antibakteri dan pengaturan cahaya dalam kulkas yang bisa menjaga kandungan vitamin A dan C pada buah dan sayur.

Baca juga:Tumbuhnya Gerakan Tolong-Menolong di Masa Social Distancing

“Semangat Live Like A Pro dihadirkan oleh Beko untuk mengajak masyarakat untuk menjalani pola hidup sehat guna melawan penyebaran virus dan penyakit berbahaya,” jelas Ali Cagri Gonculer, Country General Manager Beko Indonesia. (RO/A-3)

Baca Juga

AFP/JOHANNES EISELE (STF)

Arloji Cerdas dikembangkan untuk Deteksi Corona

👤Fetry Wuryasti 🕔Jumat 29 Mei 2020, 19:35 WIB
Fitbit, bersama dengan Apple, juga berkolaborasi dengan Stanford Healthcare Innovation Lab dalam COVID-19 Wearables...
Unsplash/ William Iven

Tabungan Bertambah Saat WFH? Anda Tetap Disarankan Berhemat

👤Fetry Wuryasti 🕔Jumat 29 Mei 2020, 16:55 WIB
Meski banyak orang yang turun pendapatan karena pandemi, banyak pula yang tabungannya justru bertambah karena beruntung masih bergaji penuh...
A Jamieson

Ada Penampakan Spesies Gurita Langka di Palung Sunda

👤Bagus Pradana 🕔Jumat 29 Mei 2020, 13:10 WIB
Mereka menjuluki spesies gurita laut dalam yang mereka temui ini dengan sebutan...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya