Senin 30 Maret 2020, 17:32 WIB

Perlu Kajian Ekonomi, Luhut Tunda Penghentian Operasi Bus AKAP

Putri Anisa Yuliani | Megapolitan
Perlu Kajian Ekonomi, Luhut Tunda Penghentian Operasi Bus AKAP

MI/Adi Kristiadi
Bus AKAP

 

MENTERI Koordinator Bidang Maritim dan Investasi yang juga Pelaksana Tugas Menteri Perhubungan Luhut Binsar Panjaitan memutuskan untuk menunda penghentian operasional bus antar kota antar provinsi (AKAP) dan antar jemput antar provinsi (AJAP) di wilayah Jakarta.

Hal itu disampaikan oleh Juru Bicara Kemenhub Adita Irawati saat dikonfirmasi, Senin (30/3).

"Sesuai arahan dari Menko Maritim dan Investasi selaku Plt Menhub, pelarangan operasional itu ditunda dulu pelaksanannya," kata Adita.

Penyebab penundaan itu kata Adita, karena Luhut menginginkan adanya kajian ekonomi atas penghentian operasional bus AKAP dan AJAP itu.

"Kita menunggu kajian dampak ekonomi secara keseluruhan seperti yang menjadi arahan presiden di ratas pagi tadi," tuturnya.

Baca juga : Penghentian Operasional Bus AKAP masih Tarik-Ulur, Ada Apa?

Kajian akan melibatkan semua elemen termasuk Kementerian Keuangan.

Sebelumnya, Dinas Perhubungan DKI Jakarta memutuskan untuk menghentikan operasional bus antar kota antar provinsi (AKAP) dan antar jemput antar provinsi (AJAP).

Operasional bus AKAP dan AJAP yang dihentikan adalah yang memiliki asal dan tujuan ke Jakarta. Penghentian dilakukan mulai hari ini pukul 18.00 WIB.

Keputusan ini diresmikan melalui surat bernomor 1588/-1.819.611 yang ditandatangani hari ini oleh Kepala Dinas Perhubungan DKI Syafrin Liputo.

Rencana ini dibuat untuk mengendalikan penularan virus korona. Karena sejak minggu lalu sudah cukup banyak warga dari Jakarta bereksodus ke luar daerah. (OL-7)

Baca Juga

ANTARA/Galih Pradipta

Pemprov DKI Didesak Tiadakan HBKB

👤Putri Anisa Yuliani 🕔Jumat 03 Juli 2020, 04:30 WIB
Kegiatan luar ruang yang dihadiri puluhan ribu orang dikhawatirkan malah akan menjadi sumber penyebaran baru Covid-19 karena protokol...
123rf.com

Jack Lapian Diperiksa Pencemaran Nama Baik Pendiri Kaskus

👤Yakub Pryatama Wijayaatmaja 🕔Kamis 02 Juli 2020, 22:37 WIB
Polisi telah menetapkan Sekjen Cyber Indonesia Jack Boyd Lapian dan Titi Sumawijaya Empel (TSE) sebagai tersangka pencemaran nama baik...
AFP

Anies Diminta Jangan Tebang Pilih Tindak Hiburan Malam

👤 Insi Nantika Jelita 🕔Kamis 02 Juli 2020, 22:35 WIB
Aziz mengakui ada tempat hiburan malam seperti diskotek atau bar yang berkedok menjadi restoran selama masa pembatasan sosial berskala...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya