Senin 30 Maret 2020, 17:00 WIB

Kiat Belanja Aman di Tengah Pandemi

Melalusa Susthira K | Weekend
Kiat Belanja Aman di Tengah Pandemi

Unsplash/ Mick Haupt
Untuk menghindari risiko terinfeksi covid-19 saat berbelanja maka menggenakan masker dan menjaga jarak adalah hal wajib.

PANDEMI covid-19 yang merebak di berbagai wilayah dunia, berdampak pada diterapkannya penjarakan fisik (physical distancing), bekerja dari rumah (work from home), maupun karantina diri, guna mencegah risiko penularan virus baru tersebut. 

Untuk berbelanja pun orang disarankan sedapatkan mungkin menggunakan layanan belanja daring agar menghindari frekuensi ke luar rumah. Meski begitu tetap saja ada kalanya kita tidak dapat menghindari belanja ke luar rumah, lalu bagaimana caranya agar terlindung dari bahaya covid-19?

1. Rencanakan Jadwal Berbelanja
Direktur penelitian di Center for Public Health Initiatives, University of Pennsylvania, Carolyn Cannuscio, mengatakan jangan menunggu sampai bahan makanan di dapur dan kulkas kosong baru kemudian berbelanja. Sebaliknya ia menyarankan, untuk memberikan waktu lebih ketika  merencanakan berbelanja. Misalnya, jika toko penuh sesak, dapat kembali mencoba hari esoknya. Hal tersebut dapat menghilangkan rasa kepanikan jika stok makanan atau bahan pokok lainnya kedapatan habis dan toko penuh atau terkendala hal lain. 

Minimalisir frekuensi belanja sedapat mungkin tanpa perilaku menimbun, misalnya seminggu sekali guna mengurangi risiko paparan dengan kontak orang lain. Buatlah daftar belanja di kertas alih-alih ponsel, sehingga mengurangi risiko transfer partikel virus ke ponsel saat sedang berbelanja dan menyentuh produk-produk di toko. Usahakan satu orang saja di tiap rumah tangga yang pergi berbelanja, karena dapat menurunkan risiko paparan virus di rumah dan mengurangi jumlah kepadatan orang di toko. 

3. Saat Berbelanja
Kenakan masker saat berbelanja dan bawa selalu hand sanitizer untuk digunakan setiap kali memegang permukaan dengan intensitas sentuh tinggi. Seorang juru bicara CDC AS merekomendasikan orang-orang yang berbelanja di toko untuk membersihkan keranjang atau troli dengan lap atau tisu yang diberi cairan desinfektan, khususnya pegangan dan area permukaan lainnya.

Jagalah jarak sekitar 2 meter saat berbelanja di toko atau supermarket. Ketika mendapati lorong supermarket yang ramai, lewati atau tunggu orang pergi. Sentuh sesedikit mungkin produk dan jangan sentuh area wajah. Jika memungkinkan, pilih opsi pembayaran non-tunai guna meminimalisir kontak. 

3. Selepas Berbelanja
Segera cuci tangan setelah selesai berbelanja. Kemudian setibanya di rumah, copot sepatu, cuci tangan kembali, lakukan langkah desinfektan, dan segeralah mandi. CDC AS menyebut sampai saat ini tidak ada bukti yang menunjukkan penularan covid-19 dari makanan atau kemasan makanan, namun diimbau untuk selalu mencuci tangan sebelum memegang makanan, sesudah memegang kemasan makanan, menurunkan barang belanjaan, dan membersihkan permukaan dapur seperti meja, gagang kabinet, dan sakelar lampu. Tak lupa, cucilah tas belanja yang habis digunakan. 


4. Jika Menggunakan Layanan Belanja Daring
Menggunakan belanja daring pun tetap memiliki risiko terkena covid-19, yakni dari interaksi dengan pengantar maupun dari barang-barang itu sendiri. Sebab itu begitu menerima barang belanjaan segera taruh ditempat yang dapat digunakan sebagai pembersihan. Bersihkan plastik belanja dengan dijemur di bawah matahari atau cuci.

Untuk sayur dan buah-buahan, bersihkan dengan mencucinya menggunakan cairan pembersih yang aman untuk makanan. Sementara untuk barang-barang lain yang dikemas plastik maupun berbagai makanan kemasan, bersihkan kemasan-kemasan itu dengan handsanitizer. 
Untuk makanan matang, buka dari kemasan dan panaskan kembali. Tidak lupa, cuci tangan anda dengan sabun selama 20 detik. (Time.com/M-1)

Baca Juga

AFP/JOHANNES EISELE (STF)

Arloji Cerdas dikembangkan untuk Deteksi Corona

👤Fetry Wuryasti 🕔Jumat 29 Mei 2020, 19:35 WIB
Fitbit, bersama dengan Apple, juga berkolaborasi dengan Stanford Healthcare Innovation Lab dalam COVID-19 Wearables...
Unsplash/ William Iven

Tabungan Bertambah Saat WFH? Anda Tetap Disarankan Berhemat

👤Fetry Wuryasti 🕔Jumat 29 Mei 2020, 16:55 WIB
Meski banyak orang yang turun pendapatan karena pandemi, banyak pula yang tabungannya justru bertambah karena beruntung masih bergaji penuh...
A Jamieson

Ada Penampakan Spesies Gurita Langka di Palung Sunda

👤Bagus Pradana 🕔Jumat 29 Mei 2020, 13:10 WIB
Mereka menjuluki spesies gurita laut dalam yang mereka temui ini dengan sebutan...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya