Senin 30 Maret 2020, 14:55 WIB

Mudik dibatasi, Presiden Minta Tinjau Mitigasi Ekonomi

Hilda Julaika | Humaniora
Mudik dibatasi, Presiden Minta Tinjau Mitigasi Ekonomi

ANTARA FOTO/Syifa Yulinnas
Ilustrasi warga pulang kampung

 

JURU Bicara Kementerian Koordinator (Kemenko) Kemaritiman dan Investasi Jodi Mahardi mengatakan hasil rapat perihal pembatasan mudik. Menurutnya, Presiden Joko Widodo meminta dilakukan kajian perihal mitigasi dari sisi ekonomi akibat pembatasan mudik ini. Terutama terhadap masyarakat yang merupakan pekerja sektor informal.

“Hasil rapat mengenai pembatasan mudik, Presiden meminta dilakukan kajian kembali bagaimana mitigasi dari sisi ekonomi khususnya kepada masyarakat yang terdampak,” ujarnya Senin (30/3).

Baca juga: Warga Mudik karena Ekonomi, Jokowi Percepat Program Sosial

Dilakukannya kajian dan mitigasi ini, sambungnya, lantaran sebagian besar masyarakat yang melakukan mudik merupakan pekerja informal. Para pekerja ini dipaksa keadaan sehingga kehilangan pendapatannya di Jakarta. Menyusul imbauan pemerintah untuk melakukan pembatasan jarak sosial (social distancing) antarorang.

“Karena sebagian besar yang mudik ini adalah pekerja sektor informal yang kehilangan pendapatannya di Jakarta,” imbuhnya kepada awak media.

Adapun Presiden Jokowi mengharapkan kajian mengenai ini bisa diselesaikan dalam jangka waktu 2 hari. Setelah itu Presiden Jokowi akan mengeluarkan keputusan. Hal ini berkaitan dengan kesiapan jarring pengaman sosial yang akan diberikan. (OL-4)

Baca Juga

Antara

Menag: Pandemi Korona Ujian Ketakwaan Umat Islam

👤Ant 🕔Minggu 24 Mei 2020, 23:55 WIB
"Pandemi ini mengajarkan kita untuk menjadi manusia yang benar-benar bertakwa yang memiliki keseimbangan antara spiritual vertikal...
MI/ Vicky Gustiawan

Pasien Rawat Inap di Wisma Atlet Berkurang 50 Orang

👤Ant 🕔Minggu 24 Mei 2020, 21:50 WIB
Sejak beroperasi pada 23 Maret, sampai dengan 24 Mei 2020, sebanyak 1.875 pasien telah dinyatakan sembuh setelah dirawat di RS Darurat...
Ist/KLHK

Saat halal Bi Halal, Dubes Inggris Apresiasi Menteri LHK RI

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 24 Mei 2020, 21:41 WIB
Duta Besar Inggris untuk Indonesia dan Timor-Leste, Owen Jenkins mengapresiasi kepemimpinan Menteri Siti Nurbaya di sektor kehutanan dan...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya