Senin 30 Maret 2020, 14:40 WIB

Kebutuhan Pangan Meningkat, Bulog Pastikan Stok Cukup

M. Iqbal Al Machmudi | Ekonomi
Kebutuhan Pangan Meningkat, Bulog Pastikan Stok Cukup

Antara/Makna Zaezar
Pekerja mengangkut beras di gudang Perum Bulog Regional Palangka Raya.

 

PEMERINTAH melalui Perum Bulog memastikan dapat mengatasi lonjakan kebutuhan pangan yang tak terduga. Lonjakan pangan sudah diwaspadai, mengingat bulan Ramadan semakin dekat.

Kewaspadaan Perum Bulog untuk memenuhi kebutuhan pangan juga mempertimbangkan kondisi tak terduga lainnya. Sehingga, masyarakat tidak perlu khawatir dengan stok kebutuhan pangan.

Direktur Utama Perum Bulog, Budi Waseso, mengatakan sudah mengeluarkan instruksi ke seluruh jajaran untuk menyiapkan stok beras dan kebutuhan pangan lain yang menjadi tanggung jawab Bulog.

Baca juga: Kadin Pastikan Stok Pangan Aman Saat Ramadan

 “Masyarakat tidak perlu khawatir. Bulog menjamin kebutuhan beras dan pangan lain tersedia di masyarakat, walau ada lonjakan permintaan tiba-tiba. Bulog akan menggunakan seluruh instrumen untuk menjamin ketersedian pangan”, ujar Budi seusai rapat direksi di Jakarta, Senin (30/3).

Bulog memastikan seluruh jaringan kerja sama sudah menyediakan kebutuhan beras di tingkat lokal, baik secara online maupun offline. Berikut, outlet milik Perum Bulog seperti RPK (Rumah Pangan Kita), yang tersebar di seluruh Indonesia, serta jaringan retail modern.

Khusus komoditi pangan utama seperti beras, Bulog memiliki stok yang tersimpan di gudang seluruh Indonesia sebesar 1,4 juta ton. Adapun total kapasitas gudang yang tersedia sekitar 3,8 juta ton.

"Ketersediaan stok beras akan terus bertambah, mengingat akan memasuki musim panen raya. Pasokan beras harus betul-betul aman tersedia bagi kebutuhan masyarakat dalam situasi apapun," pungkas Budi.

Baca juga: Kementan Jaga Produksi Pangan di Tengah Pandemi Covid-19

Untuk menjaga jarak fisik (physical distancing) di tengah pandemi covid-19, Bulog sudah memiliki sistem penjualan secara daring, yang memudahkan masyarakat untuk membeli kebutuhan pangan.

 “Pangan yang dibeli melalui ipanganan.com akan diantar langsung ke rumah pembeli. Sehingga, mempermudah dan memastikan distribusi komoditi pangan langsung diterima oleh masyarakat tanpa perlu antre ke pasar,” imbuhnya.

Pemenuhan pangan secara daring bisa digunakan masyarakat di tujuh kota besar, yakni Jakarta, Bandung, Semarang, Surabaya, Yogyakarta, Makassar dan Medan. Selain menyediakan beras, Bulog juga menyediakan beberapa kebutuhan pangan lain, termasuk gula.(OL-11)


Baca Juga

MI/Ramdani

Kemenhub: Pengendalian Transportasi Hari Pertama Lebaran Kondusif

👤M. Ilham Ramadhan Avisena 🕔Minggu 24 Mei 2020, 19:07 WIB
Pengawasan menyasar semua arus keluar dan masuk wilayah Jabodetabek, termasuk jalur darat, laut dan...
Antara/Muhammad Iqbal

70% Pesawat Grounded, Garuda Lakukan Prolong Inspection

👤M. Ilham Ramadhan Avisena 🕔Minggu 24 Mei 2020, 14:32 WIB
Prolong inspection bertujuan menjaga kelayakan pesawat, karena rute berkurang akibat pandemi...
MI/PIUS ERLANGGA

Sri Mulyani: Tidak Ada Kesehatan, Tidak Ada Ekonomi

👤M Ilham Ramadhan Avisena 🕔Minggu 24 Mei 2020, 13:00 WIB
"Itu sebabnya, pada saat terjadi pandemi, langkah pertama pemerintah adalah mengunci terlebih dahulu dana Rp75 triliun khusus untuk...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya