Senin 30 Maret 2020, 06:46 WIB

Gubernur Khofifah Imbu Perantau dari Jatim Menunda Mudik

Antara | Nusantara
Gubernur Khofifah Imbu Perantau dari Jatim Menunda Mudik

ANTARA FOTO/Oky Lukmansyah
Petugas memasang beton saat isolasi wilayah Kota Tegal, Jawa Tengah, Sabtu (28/3/2020) untuk mencegah pemudik masuk.

 

GUBERNUR Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa menyarankan perantau menunda mudik Lebaran yang biasa dilakukan pada Idul Fitri mengingat penyebaran virus korona semakin meluas.
  
"Biasanya para perantau mudik pada Idul Fitri, namun untuk tahun ini disarankan pulang ke kampung halamannya saat Idul Adha," kata Khofifah kepada wartawan di Surabaya, Minggu (29/3) malam.

Ia menjelaskan di wilayahnya, sampai saat ini terdapat sebanyak 18 daerah terjangkit atau berstatus zona merah penyebaran Covid-19, yaitu Kota Surabaya, Kota Malang, Kabupaten Malang, Kota Batu, Kabupaten Magetan, dan Sidoarjo. Kemudian, Kabupaten Kediri, Kota Kediri, Kabupaten Situbondo, Gresik, Lumajang, Jember, Blitar, Kota Blitar, Kabupaten Pamekasan, Banyuwangi, Jombang dan Tulungagung.
  
Berdasarkan data, total ada 90 orang di Jatim terkonfirmasi positif terinfeksi virus korona bertambah 13 orang dari sehari sebelumnya yang jumlahnya 77 orang pada Sabtu (28/3). Lalu, untuk warga berstatus pasien dalam pengawasan (PDP) mencapai 336 orang pasien atau bertambah dari data sehari sebelumnya yang jumlahnya sebanyak 307 orang.  Sedangkan, orang dalam pemantauan (ODP) tercatat 5.071 orang atau meningkat dari sehari sebelumnya yang berjumlah 4.568 orang.
  
"Dari peta ini bisa dilihat betapa penyebaran COVID-19 di Jatim harus mendapatkan kewaspadaan dan kesiapsiagaan yang luar biasa dari kita semua," katanya.

baca juga: Cegah Penyebaran Covid-19, Aceh Berlakukan Jam Malam
  

Orang nomor satu di Pemprov Jatim itu juga berharap semoga badai covid-19 saat ini segera berlalu dan semua masyarakat Indonesia kembali menjalankan aktivitas seperti biasanya.
  
"Termasuk saat pelaksanaan ibadah hari raya mendatang," harap Khofifah. (OL-3)

Baca Juga

MI/Tosiani

Kelompok Tani Temanggung Digerakkan Bisnis Pertanian Lewat Online

👤Tosiani 🕔Kamis 04 Juni 2020, 09:00 WIB
Novi, pengurus Pastakaran menyebutkan, sebelum dijual online omzet yang didapat tiap kelompok rata-rata antara Rp300 ribu sampai Rp2 juta...
MI/Gabriel Langga

Pemkab Sikka Klaim Belum Ada Transmisi Lokal Korona

👤Gabriel Langga 🕔Kamis 04 Juni 2020, 08:55 WIB
Jubir Satgas Covid-19 Kabupaten Sikka, Petrus Herlemus mengatakan belum adanya transmisi lokal  berdasarkan hasil swab 25 orang...
ANTARA FOTO/Andreas Fitri Atmoko

Inflasi DIY Mei 2020 Kembali Meningkat

👤Agus Utantoro 🕔Kamis 04 Juni 2020, 08:27 WIB
Pasokan yang melimpah pada beberapa komoditas pangan utama menyebabkan deflasi kelompok volatile food seperti bawang putih, cabai yang...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya