Senin 30 Maret 2020, 05:51 WIB

Cegah Penyebaran Covid-19, Aceh Berlakukan Jam Malam

Hendra Saputra | Nusantara
Cegah Penyebaran Covid-19, Aceh Berlakukan Jam Malam

ANTARA FOTO/Irwansyah Putra
Aparat TNI Kodim 0101/BS dan personil Polresta Banda Aceh membubarkan kerumunan warga di Banda Aceh, Aceh, Minggu (29/3/2020).

 

PEMERINTAH Provinsi Aceh memberlakukan jam malam untuk mengantispasi meluasnya  penyebaran virus korona. Dalam maklumat bersama yang dikeluarkan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Aceh, jam malam diberlakukan sejak pukul 20.30 WIB sampai dengan pukul 05.30 WIB.

Pemberlakukan jam malam yang ditandatangani Plt Gubernur Aceh, Wali Naggroe Aceh, Ketua DPRA, Kapolda, Pandam Iskandar Muda dan Kajati Aceh mulai diterapkan, Minggu malam 29 Maret hingga 29 Mei 2020. Maklumat yang memuat empat poin itu, di antaranya meminta masyarakat agar tidak melakukan aktivitas di luar rumah pada malam hari.

Para pemilik usaha seperti warung makanan, pasar swalayan, mal dan tempat usaha lainnya agar menghentikan aktivitas pada jam malam. Sementara angkutan umum yang melayani masyarakat dan kebutuhan pokok harus dilengkapi surat tugas dalam menjalankan aktivitasnya.

Selanjutnya, maklumat yang dikeluarkan 29 Maret 2020, juga meminta para bupati/wali kota untuk melakukan pengawasan kepada pengusaha dan masyarakat terhadap penerapan jam malam.

baca juga: Kerepotan Hadapi Pemudik

Meningkatnya jumlah warga Aceh dalam status orang dalam pemantauan (ODP) dan pasien dalam pengawasan (PDP), menjadi alasan diberlakukannya jam malam itu. Selain itu, di Aceh juga sudah terdapat kasus positif covid-19 serta orang yang meninggal karena wabah tersebut. Melalui pemberlakuan jam malam itu diharapkan dapat menjadi langkah pencegahan meluasnya penyebaran virus korona.

Hingga Minggu (29/3), Dinas Kesehatan Aceh mencatat jumlah orang dalam pantauan (ODP) covid-19 berjumlah 576 orang, pasien dalam pengawasan (PDP) 41 orang, positif 5 orang dan meninggal dua orang. (OL-3)

Baca Juga

DOK MI

Polda Jambi Siap Tegakan Aturan Tatanan New Normal

👤Solmi 🕔Sabtu 30 Mei 2020, 00:50 WIB
Polda Jambi berharap seluruh masyarakat bisa menerima dan mendukung kebijakan new normal yang akan...
DOK MI

Pemkab Banyumas Waspadai Munculnya Klaster Baru Virus Korona

👤Lilik Darmawan 🕔Sabtu 30 Mei 2020, 00:40 WIB
Di Desa Sokawera, kasus positif dialami seorang perempuan berusia 26 tahun yang baru datang dari...
MI/Adi Kristiadi

Pemkot Tasikmalaya Perpanjang PSBB di Wilayah Zona Merah

👤Kristiadi 🕔Sabtu 30 Mei 2020, 00:25 WIB
Perpanjangan PSBB dilakukan di Cigantang, Sambongjaya, Kahuripan, Argasari, Empangsari, dan Cilembang yang masih berada di zona merah...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya