Senin 30 Maret 2020, 05:40 WIB

Tirta Mandira Hudhi: Gas Pol Lawan Korona

Atalya Puspa | Humaniora
Tirta Mandira Hudhi: Gas Pol Lawan Korona

DOK. INSTAGRAM/DR.TIRTA
Tirta Mandira Hudhi

 

GAYA nyentrik Tirta Mandira Hudhi, 29, menarik perhatian di tengah gotong royong pemerintah dan masyarakat menghadapi pandemi covid-19. Cara bicaranya lantang dan berapi-api. Ngegas, sebutan yang sedang hype sekarang.

Melalui akun media sosialnya, Instagram, Twitter, serta kanal Youtube, ia tak bosan mengedukasi pentingnya pencegahan covid-19. Ia juga mendorong dan mengorganisasi penggalangan donasi untuk memenuhi kebutuhan medis di lapangan.

Tirta merupakan dokter lulusan Universitas Gadjah Mada (UGM). Namun, karena mengidap penyakit bronkitis kronis, Tirta memutuskan untuk mundur dari meja praktik dan membangun bisnis fesyen lokal.

Meskipun tidak bisa hadir memberikan pelayanan kesehatan di tengah pandemi covid-19, Tirta tetap hadir di garda terdepan dengan caranya. ‘Saya memutuskan untuk menjadi agen edukatif di sini. Karena sejatinya dokter bisa berjuang sebagai pemegang kebijakan kesehatan, edukatif, juga penyembuhan,’ tulis Tirta dalam akun Instagram-nya.

Setiap harinya Tirta aktif membagikan bantuan masker dan alat pelindung diri (APD) untuk rumah sakit di Indonesia yang didistribusikan bersama sejumlah relawan. Dana yang terkumpul berasal dari penggalangan yang ia buka di berbagai platform dan disosialisasikan lewat akun Instagram-nya.

Selain itu, Tirta juga dengan lantang menyuarakan urgensi karantina wilayah. Ia mendorong anak-anak muda untuk membuat tagar karantina wilayah viral dan berharap hal tersebut dapat terlaksana.

Lewat unggahan media sosialnya, Tirta menyajikan edukasi yang menarik dengan cara bicaranya yang ‘ngegas’ untuk mengingatkan masyarakat, khususnya anak muda, agar mengikuti imbauan pemerintah.

“Jaga pola hidup bersih, karantina wilayah jangan mudik dulu. Lalu kalau makan dibungkus saja, jangan banyak nongkrong enggak penting. Edukasi juga sekitar terkait pentingnya cuci tangan dan batuk dengan tata cara yang benar. Kalau ada gejala batuk atau nyeri telan, langsung lapor ke fasilitas kesehatan terdekat,” tuturnya.

“Tetap optimistis. Jangan sampai Indonesia kayak Italia dan kita harus kerja sama untuk Indonesia. Gitu saja, bosku,” tegas pemilik Shoes and Care tersebut.

Legasi

Sebelum akhirnya memutuskan tidak membuka praktik dokter, Tirta mendengarkan pertimbangan dari pengajarnya di UGM, Profesor Iwan Dwiprahasto.

 ‘Jadi, dokter enggak selalu berjuang di belakang jas praktik, bisa di kursi laen. Berjuanglah dengan caramu sendiri,’ tulis Tirta, mengunggah saran dari Profesor Iwan di akun Twitter-nya, Rabu (25/3). Profesor Iwan pula yang mendorongnya untuk mendirikan rumah sakit dan menaikkan derajat tenaga medis.

Ketika ia menerima kabar bahwa Prof Iwan terinfeksi covid-19, ia tersentak dan kemudian bergerak mengoordinasi bantuan. Ia mengaku bergerak 14-20 jam sehari untuk menjalankan prog­ram bantuan bersama sesama relawan.

Meninggalnya Prof Iwan pada Selasa (24/3), aku Tirta, diketahuinya ketika sedang diwawancara sebuah radio swasta. Tangisnya pun tumpah. “Gue down. Mood gue berantakan. Beliaulah yang membuat gue seperti ini.”

Ia berjanji akan meneruskan legasi pengajar yang dikaguminya tersebut. “Gue akan bantu sebisa gue. Negara ini butuh bantuan.” (H-3)

Baca Juga

MI/Angga Yuniar

Terhambatnya Imunisasi di Masa Pandemi Ancam Kesehatan Anak

👤Atalya Puspa 🕔Selasa 02 Juni 2020, 16:15 WIB
Tertundanya pemberian imunisasi dasar dan imunisasi lanjutan bagi anak di masa pandemi covid-19 mengancam kesehatan anak-anak. Sehingga...
ANTARA

Update Covid-19: Pasien Positif Covid-19 27.549, Sembuh 7.935

👤Nur Azizah 🕔Selasa 02 Juni 2020, 16:10 WIB
Adapun jumlah kasus positif secara keseluruhan bertambah 609 orang. Penambahan kasus ini berdasarkan pemeriksaan dengan metode polymerase...
AFP

Muhammadiyah Nilai Pembatalan Haji 2020 Langkah Tepat

👤Syarief Oebaidillah 🕔Selasa 02 Juni 2020, 16:05 WIB
Keputusan tersebut secara undang-undang juga tidak melanggar. Pasalnya, dengan belum adanya keputusan Pemerintah Arab Saudi mengenai...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya