Minggu 29 Maret 2020, 23:20 WIB

Korut Tembakkan Rudal Jarak Pendek ke Laut Timur

Yonhap/Hym/I-1 | Internasional
Korut Tembakkan Rudal Jarak Pendek ke Laut Timur

KCNA VIA KNS / KCNA VIA KNS / AFP
Gambar diambil pada 2 Oktober 2019 dan dirilis oleh KCNA pada 3 Oktober 2019 menunjukkan uji tembak "SLBM Pukguksong-3 tipe baru".

 

KOREA Utara menembakkan dua rudal proyektil yang diyakini rudal balistik jarak pendek ke Laut Timur pada Minggu (29/3). Hal itu diungkapkan Kepala Staf Gabungan Korea Selatan (JCS).

Aksi itu yang terbaru dalam serangkaian peluncuran proyektil bahkan ketika negara itu dalam keadaan siaga tinggi terhadap virus korona baru.

Rudal-rudal tersebut ditembakkan ke arah timur laut dari kota pesisir timur Wonsan pada pukul 6.10 dalam interval 20 detik dan terbang sekitar 230 kilometer pada ketinggian maksimum sekitar 30 km. Ditambahkan, otoritas intelijen Korea Selatan dan Amerika Serikat sedang menganalisis spesifik lainnya.

“Dalam situasi seluruh dunia mengalami kesulitan karena covid-19, tindakan militer semacam ini oleh Korea Utara sangat tidak pantas dan kami menyerukan penghentian segera,” kata JCS.

Militer memantau dengan cermat situasi sambil mempertahankan postur kesiapan, tambah JSC.

Korea Utara telah melakukan serangkaian tes senjata dan latihan menembak artileri tahun ini. Kecuali untuk latihan menembak artileri kecil, peluncuran terbaru diyakini sebagai uji coba senjata utama keempat Korut tahun ini.

Tes terakhir yang sama dilakukan pada 21 Maret, ketika Pyongyang menembakkan dua rudal balistik jarak pendek yang diyakini sebagai versi dari ‘Sistem Rudal Taktis Angkatan Darat AS (ATACMS) dari wilayah barat Sonchon di Provinsi Pyongan Utara.

Tidak segera diketahui apakah Kim Jong-un mengawasi peluncuran Minggu, meskipun kantor berita Korea Utara, KCNA, melaporkan tiga tes sebelumnya bulan ini dilakukan di bawah pengawasannya.

Penembakan terbaru bisa menjadi bagian dari latihan serangan artileri untuk latihan musim dingin, seperti tiga putaran sebelumnya. Sumber militer mengatakan latihan itu amat mungkin akan berlanjut sepanjang bulan ini.

Penembakan proyektil terbaru tampaknya melibatkan peluncur roket multipel super besar, kata sumber dan pakar. Jika terkonfirmasi benar, hal tersebut akan menandai uji coba ketujuh berbasis darat oleh negara komunis  itu sejauh ini dan peluncuran ketiga tahun ini.(Yonhap/Hym/I-1)

Baca Juga

AFP

Juni, Bioskop di Prancis Bakal Dibuka Kembali

👤Astri Novaria 🕔Jumat 29 Mei 2020, 22:55 WIB
Philippe mengatakan bioskop akan diizinkan untuk dibuka kembali di mana saja di seluruh Prancis pada 22 Juni (atau 24 Juni karena rilis...
AFP

Brasil Catat Rekor Tertinggi Kasus dan Kematian Korona

👤Nur Aivanni 🕔Jumat 29 Mei 2020, 22:35 WIB
Dikutip dari France24, Jumat (29/5), negara di Amerika Selatan itu memiliki jumlah kasus covid-19 terbesar kedua di dunia, yaitu 438.238,...
AFP/YONHAP

Korsel Tutup Sekolah Lagi setelah Lonjakan Terbesar Kasus

👤Haufan Hasyim Salengke 🕔Jumat 29 Mei 2020, 20:50 WIB
Ribuan siswa sebelumnya pada Rabu kembali ke sekolah. Namun hanya sehari kemudian 79 kasus baru dicatat, angka harian tertinggi dalam dua...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya