Minggu 29 Maret 2020, 19:15 WIB

Pemerintah Diminta Hemat Anggaran dan Fokus Tangani Wabah Korona

Hilda Julaika | Ekonomi
Pemerintah Diminta Hemat Anggaran dan Fokus Tangani Wabah Korona

ANTARA FOTO/FB Anggoro/ama..
Alat Pelindung Diri (AVD) kini menjadi kebutuhan mendesak bagi petugas medis yang menangani pasien Covid-19

 

LEMBAGA Penelitian, Pendidikan dan Penerangan Ekonomi dan Sosial (LP3ES) mendesak pemerintah memastikan alokasi anggaran untuk masyarakat terkait dampak korona (Covid-19). Menurut Peneliti Associate LP3ES Fachru Nofrian, pemerintah dinilai tidak konsistem mengumumkan alokasi dana dari Rp19 triliun lalu berubah naik ke Rp27 triliun. Fachru meminta alokasi anggaran untuk Covid-19 ini harus melibatkan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR).

“Pemerintah harus memimpin bersama DPR memutuskan untuk memotong 20% anggaran seluruh kementerian dan daerah, kemudian mengalihkannya untuk pembiayaan korona dan hal terkait lainnya,” kata Fachru melalui keterangan resminya pada Media Indonesia, Minggu (29/3).

Alokasi anggaran 20% dari seluruh kementerian dan daerah ini, kata dia, diperuntukan untuk menyelesaikan pandemic Covid-19 beserta elemen lain yang terdampak, seperti membantu masyarakat bawah, sektor informal, industri mikro, dan sebagainya.

Menurutnya, pemerintah harus segera memutuskan karena harus berperang melawan penyebaran virus yang sangat cepat. Karena berkaitan dengan penanggulangan bencana yang kian masif ini. ia mencontohkan kesulitannya tim medis untuk mendapatkan alat pelindung diri, hingga kekurangan obat.

“Penghematan harus dilakukan, alokasi anggaran untuk krisis ini perlu segera dilakukan tidak maju mundur tanpa kejelasan anggaran seperti sekarang ini. Sehingga dokter-dokter harus berteriak meminta alat pelindung diri, juga rumah sakit kekurangan obat,” ungkapnya.

Ia pun mengingatkan agar pemerintah segera memutuskan perihal proyek-proyek besar yang berbiaya mahal ditunda. Pasalnya proyek-proyek ini berbiaya mahal ditunda dan anggaran yang ada difokuskan untuk penanggulangan Covid-19. (M-4)

Baca Juga

Ist/Kementan

Sapi Wagyu BIB Lembang Dukung Ketersediaan Daging Premium

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 11 Juli 2020, 11:25 WIB
Balai Inseminasi Buatan (BIB) Lembang yang merupakan salah satu Unit Pelaksana Teknis (UPT) di bawah Ditjen PKH menyediakan pejantan Wagyu...
Antara/R Rekolomo

Proses Recovery CPP Gundih yang Terbakar April Lalu On Track

👤M Iqbal Al Machmudi 🕔Sabtu 11 Juli 2020, 11:05 WIB
Secara kumulatif, untuk proggres pengerjaan per awal Juli 2020 sudah mencapai sekitar 44% dengan target selesai bulan November...
Ist/BJB

BJB DIGI, Solusi Digital Setoran Segala Jenis Pajak

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 11 Juli 2020, 10:48 WIB
Rumah aplikasi BJB DIGI ini menyediakan fitur pembayaran pajak, termasuk Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) dan Pajak Bumi dan Bangunan...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya