Minggu 29 Maret 2020, 14:14 WIB

Pengiriman Tahanan Ditunda, MA Tak Masalah

Rifaldi Putra Irianto | Politik dan Hukum
Pengiriman Tahanan Ditunda, MA Tak Masalah

Antara/Galih Pradipta
Petugas PMI menyemprotkan cairan disinfektan di pintu Lembaga Pemasyarakatan Kelas 1 Cipinang, Jakarta.

 

MAHKAMAH Agung (MA) memahami langkah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) menunda sementara pengiriman tahanan ke rumah tahanan maupun lembaga permasyarakatan. Langkah itu merupakan upaya mencegah penyebaran virus korona (covid-19).

"Langkah yang diambil Kemenkumham untuk menunda pengiriman tahanan ke rutan atau lapas, dapat dipahami dan perlu disikapi dengan bijak," kata Juru Bicara Mahkamah Agung, Andi Samsan Nganro, melalui pesan singkat, Minggu, (29/3).

“Seperti diketahui, sasaran dan tujuan kita bersama adalah mencari dan mengambil langkah antisipatif untuk mencegah penyebaran covid-19. Serta, mengatasi timbulnya masalah di lingkungan kerja," imbuh Andi.

Baca juga: Antisipasi Covid-19, Kejaksaan Pilih Sidang Daring

Kendati demikian, pihaknya belum menjelaskan langkah apa yang akan dilakukan dan masih berkoordinasi kepada pihak terkait. "Ini perlu disikapi dengan bijak antar penegak hukum, agar tidak menimbulkan masalah. Sebab masalah penahanan ini rawan, apalagi terkait masalah HAM seseorang," pungkasnya.

Sebelumnya, Kemenkumham mengeluarkan surat bernomor M.HH.PK.01.01.01- 04. Dalam surat yang ditujukan kepada ketua MA, Jaksa Agung, dan Kapolri, berbunyi penolakan penambahan tahanan baru di lapas maupun rutan, sebagai upaya menekan laju penyebaran virus korona.

"Bahwa sebagai upaya pencegahan penyebaran covid-19, terhitung mulai 18 maret 2020 kegiatan pelayanan kunjungan, penerimaan tahanan baru, dan kegiatan sidang ditunda sampai batas waktu yang belum ditentukan,” bunyi surat yang ditandatangani Menteri Hukum dan HAM, Yasonna H. Laoly.(OL-11)

 

Baca Juga

MI/ANDRI WIDIYANTO

Presiden Minta Disiplin Sosial Protokol Kesehatan Diperketat

👤Andhika Prasetyo 🕔Rabu 27 Mei 2020, 09:25 WIB
Protokol kesehatan akan diberlakukan di semua sektor aktivitas mulai dari pemerintahan, perekonomian hingga keseharian...
Tangkapan layar Youtube Deddy Corbuzier

Soal Siti Fadilah, DitjenPas dan Rutan Pondok Bambu Disebut Lalai

👤Anggitondi Martaon 🕔Rabu 27 Mei 2020, 09:04 WIB
"Tentunya, jika pihak Ditjen Pemasyarakatan mengikuti protokoler pendampingan berobat warga binaan secara ketat, wawancara ini tidak...
MI/Gino F Hadi

Remisi Gayus Tambunan Dinilai Langgar Aturan

👤Emir Chairullah 🕔Rabu 27 Mei 2020, 08:30 WIB
Salah satu ketentuan penerima remisi harus menjadi justice collaborator...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya