Minggu 29 Maret 2020, 14:30 WIB

Kanada Batasi Perjalanan Orang dengan Gejala Covid-19

Mediaindonesia.com | Internasional
Kanada Batasi Perjalanan Orang dengan Gejala Covid-19

AFP
Sebuah tanda di teater Princess of Wales di Toronto, Ontario mendesak warga untuk sering mencuci tangan selama wabah Covid-19.

 

KANADA tidak akan mengizinkan siapa pun yang menunjukkan gejala penyakit Covid-19 menggunakan penerbangan domestik atau kereta penumpang antar kota. Demikian yang diungkapkan Perdana Menteri Justin Trudeau, Sabtu (28/3).

Langkah itu merupakan pembatasan perjalanan terbaru yang bertujuan untuk mencegah penyebaran wabah korona. Pemerintah Trudeau telah lama mendesak warga Kanada yang merasa sakit untuk tinggal di rumah.

Baca juga: Jenderal Gembong Narkoba dari Venezuela Diserahkan ke AS

Namun, hal ini tidak menjamin bahwa orang yang sakit tidak akan menggunakan penerbangan domestik atau kereta penumpang antar kota sebab seringkali orang yang terjangkit Covid-19 tidak memunculkan gejala. Demikian disampaikan Howard Njoo, Wakil Kepala Petugas Kesehatan Masyarakat Kanada, dalam konferensi pers terpisah.

Pembatasan perjalanan domestik Kanada akan mulai berlaku pada hari Senin siang waktu setempat.

Ditanya bagaimana penyaringan penumpang akan berubah, Trudeau mengatakan, pemerintah memberikan alat baru untuk maskapai dan kereta api. Staf perusahaan penerbangan dan perusahaan kereta api akan menanyakan pertanyaan kesehatan kepada penumpang dan mencari gejala yang terlihat.

Kanada telah mengkonfirmasi 5.153 kasus corona, dan 55 kematian. Sementara, di British Columbia, provinsi Pantai Pasifik di mana penularan komunitas pertama kali dilaporkan, tampaknya melambat, kata Pejabat Kepala Kesehatan Masyarakat Theresa Tam. "Ada tanda-tanda harapan," katanya kepada wartawan di Ottawa.

Namun, di Provinsi Quebec, jumlah kasus melonjak 24% pada kemarin menjadi hampir 2.500, lebih dari dua kali lipat provinsi lain. Empat kematian tambahan menjadikan total kematian di Quebec mencapai 22.(Ant/OL-6)

Baca Juga

AFP

Kepala Polisi Minneapolis Minta Maaf kepada Keluarga George Floyd

👤Astri Novaria 🕔Jumat 29 Mei 2020, 16:41 WIB
Kepala Kepolisian Medaria Arradondo mengatakan departemennya telah ikut menyebabkan "harapan memudar" di kota Negara Bagian...
AFP

DPR AS Minta Keterlibatan Polisi pada Kasus Kematian Floyd Diusut

👤Astri Novaria 🕔Jumat 29 Mei 2020, 16:15 WIB
Kematian Floyd, Arbery dan juga Taylor menyita perhatian nasional dan pendukung hak sipil yang mengatakan mereka menjadi insiden yang...
Facebook Mahathir bin Mohamad, @TunDrMahathir,

Dipecat Partai Bersatu, Mahathir Mohammad Melawan

👤Fajar Nugraha 🕔Jumat 29 Mei 2020, 16:11 WIB
"Saya sekarang berada di kantor pusat Partai Bersatu, dan katanya saya...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya