Minggu 29 Maret 2020, 12:40 WIB

Jika Jakarta Dikarantina, Pemerintah Harus Menyiapkan Ini

Insi Nantika Jelita | Megapolitan
Jika Jakarta Dikarantina, Pemerintah Harus Menyiapkan Ini

MI/Ramdani
Suasana Jakarta yang sepi di Bundaran Hotel Indonesia

 

Pengamat tata kota dari Universitas Trisakti, Nirwono Joga menerangkan soal skema yang harus disiapkan pemerintah apabila Jakarta dikarantina karena pandemi covid-19.

Menurutnya, sesuai dengan Undang-undang Nomor 6 Tahun 2018 tentang Kekarantinaan Kesehatan, pemerintah harus memastikan seluruh warga tetap berada di rumah atau hanya berada di dalam lingkungan RT dan RW masing-masing.

"Pasokan pangan juga harus terjamin, baik dengan tetap dapat belanja ke supermarket terdekat maupun tukang sayur keliling lokal. Lalu bagi keluarga yang kurang mampu atau miskin harus mendapatkan bantuan pangan dan uang harian agar perekonomian lokal tetap dapat bejalan meski melambat," jelas Nirwono kepada Media Indonesia, Minggu (29/3).

Skema lain yang harus diperhatikan Nirwono ialah transportasi publik tetap harus beroperasi dengan jam operasional terbatas, yakni dari pukul 06.00 hingga 18.00 WIB. Armada juga perlu diperbanyak dengan waktu kedatangan yang singkat. Hal ini katanya, agar tidak terjadi penumpukan penumpang di halte atau stasiun.

Baca juga: NasDem Dukung Adanya Karantina Wilayah di Jakarta

Selain itu, fasilitas publik seperti rumah sakit, puskesmas, apotek dan klinik, pasar dan supermarket harus tetap dibuka. "Hal ini untuk memastikan warga dapat memenuhi kebutuhan vitamin/obat dan pangan dengan aman," tutur Nirwono.

Pemerintah juga harus memerhatikan pekerja yang tidak bisa melakukan pekerjaan dari rumah. "Harus ada insentif bagi pekerja yang terpaksa pergi bekerja keluar rumah seperti satpam, petugas sampah, tenaga medis, kurir, dan lainnya, yang diberikan oleh pemda atau perusahaan terkait," imbuh Nirwono.

Terakhir yang harus diperhatikan ialah pengoptimalan panduan yang jelas terkait dengan program belajar dari rumah. "Apakah sampai akhir semester. Lalu, persiapan ujian akhir seperti apa, kenaikan kelas atau kelulusan hingga pendaftaran online ke jenjang berikutnya. Kebijakannya seperti apa," pungkasnya. (OL-14)

Baca Juga

Ilustrasi

DKI Belum Putuskan Buka Tempat Ibadah

👤Putri Anisa Yuliani 🕔Selasa 02 Juni 2020, 15:05 WIB
Pemprov DKI Jakarta sampai hari ini belum memutuskan untuk membuka tempat ibadah, karena masih menunggu keputusan evaluasi pembatasan...
MI/PIUS ERLANGGA

​​​​​​​DKI Harus Intensifkan Protokol Kesehatan saat New Normal

👤Insi Nantika Jelita 🕔Selasa 02 Juni 2020, 14:39 WIB
Pentingnya sosialisasi itu untuk membudayakan protokol kesehatan pencegahan Covid-19 di tengah masyarakat saat new...
MI/Pius Erlangga

328 Pekerja Migran Positif Covid-19 Dirawat di Wisma Atlet

👤Insi Nantika Jelita 🕔Selasa 02 Juni 2020, 14:35 WIB
Sebanyak 783 pekerja migran Indonesia terpapar covid-19. Mereka diinapkan di Rumah Sakit Darurat (RSD) Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya