Minggu 29 Maret 2020, 12:11 WIB

Jenderal Gembong Narkoba dari Venezuela Diserahkan ke AS

Deri Dahuri | Internasional
Jenderal Gembong Narkoba dari Venezuela Diserahkan ke AS

AFP/File / JUAN BARRETO
Ppurnawirawan jenderal asal Venezuela Cliver Alcala yang diburu pemerintah AS.

 

SEORANG purnawirawan jenderal asal Venezuela telah menyerahkan diri ke otoritas Kolombia. Namun jenderal yang dituduh sebagai bandar narkoba dan diburu pemerintah Amerika Serikat (AS) tersebut akhirnya dideportasi oleh Kolombia untuk diserahkan ke otoritas AS. Laporan tersebut disampaikan media setempat, Sabtu (28/3).

Pensiunan jenderal yang bernama Cliver Alcala menyerahkan diri kepada otoritas Kolombia pada Jumat (27/3) waktu setempat. Surat kabar El Tiempo de Bogota memberitakan bahwa Alcala diserahkan kepada pemerintah AS.  

Pada Kamis (26/3), pihak Washington menuduh Presiden Venezuela Nicolas Maduro dan beberapa pejabat serta mantan pejabat pemerintah Venezuela terlibat ‘terorisme-narkotik’. Pemerintahan AS menawarkan hadiah US$15 juta bagi memberi informasi para pejabat dan mantan pejabat Venezuela.

Departemen Kehakiman AS telah menawarkan hadiah US$10 juta bagi yang menangkap Alcala. Alcala telah tinggal selama dua tahun di Barranquilla, wilayah utara Kolombia.

Alcala diterbangkan ke New York, AS, dengan sebuah pesawat yang telah mendapat izin khusus dari pemerintah Kolombia yang tengah menerapkan lockdown. Presiden Kolombia Ivan Duque telah mengambil kebijakan lockdown di negaranya untuk mencegah penyebaran virus korona.  

Mantan kepala keamanan Venezuela Ivan Simonovis yang tinggal di AS selama 15 tahun dan melarikan diri dari Venezuela mengatakan bahwa dirinya telah mendapat kabar bahwa Alcala dalam perjalanan menuju New York, AS.

“Keluarga, saya ucapkan selama tinggal untuk sementara. Saa sedang menghadapi tanggung jawab untuk tindakan saya demi kebenaran,” kata Alcala, 58, dalam pesan yang ditayangkan video di akun Instagram-nya, Jumat (27/3). (AFP/OL-09)

 

Baca Juga

AFP

Pasar Malam di Jepang di Era Normal Baru

👤MI 🕔Kamis 28 Mei 2020, 02:10 WIB
KETIKA pasar malam di Jepang perlahanlahan dibuka kembali, sekelompok operator taman bermain telah merilis pedoman...
AFP

Amerika Latin Jadi Pusat Baru Pandemi Global

👤Nur Aivanni 🕔Kamis 28 Mei 2020, 01:45 WIB
ORGANISASI Kesehatan Dunia (WHO) mengungkapkan bahwa Benua Amerika menjadi pusat baru pandemi...
AFP/Ahmad Gharabli

Masjidil Aqsa Akan Dibuka Kembali Akhir Pekan ini

👤Ghani Nurcahyadi 🕔Rabu 27 Mei 2020, 22:09 WIB
"Semua pintu di Masjidil Aqsa akan dibuka sejak subuh pada Minggu," kata Direktur Masjidil Aqsa Omar...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya