Minggu 29 Maret 2020, 11:35 WIB

Saudi Tangkal Serangan Misil dari Kelompok Houthi dari Yaman

Deri Dahuri | Internasional
Saudi Tangkal Serangan Misil dari Kelompok Houthi dari Yaman

AFP/File / MOHAMMED HUWAIS
Tentara Yaman berpatroli untuk bersiaga menghadapi serangan kelompok pemberontak dukungan Iran di tengah ancaman pandemi Covid-19.

 

PASUKAN pertahanan udara Arab Saudi mampu menangkal serangan misil balisitik mengarah Kota Riyadh dan Jizan, sebuah kota yang berada di wilayah perbatasan dengan Yaman, pada Sabtu (28/3) dini hari. Sedikitnya dua warga sipil terluka di kota yang tengah menerapkan lockdown untuk mengatasi pandemi virus korona.     

Akibat serangan tersebut, sejumlah ledakan mengguncang Riyadh. Pihak pasukan koalisi negara Arab yang dipimpin Saudi langsung menunjuk bahwa pelaku serangan dengan misil tersebut adalah kelompok Houthi dari Yaman yang didukung Iran.

Serangan kelompok Syiah Houthi tersebut bukanlah yang pertama. Sebelumnya kelompok Houthi telah menyerang beberapa kota di wilayah Saudi dengan menembakkan misil, roket, dan juga drone.   

Namun serangan terakhir adalah serangan pertama yang cukup besar terhadap Saudi sejak kelompok Houthi melakukan serangan ke beberapa kilang minyak milik Kerajaan Saudi pada Setember 2019.

"Dua misil balistik ditembakkan mengarah Kota Riyadh dan Jizan," demikian laporan Kantor Berita Saudi (SPA).   

SPA melaporkan dua misil tersebut mampu ditangkal dan meledak di udara. Namun serpihan misil melukai dua warga sipil di Riyadh. Hal tersebut disampaikan juru bicara Pertahanan Sipil Saudi.

Sedikitnya terjadi tiga ledakan di Kota Riyadh selang setelah 15 jam kota tersebut memberlakukan lockdown untuk mencegah penyebaran Covid-19. Hal serupa terjadi di Kota Jizan yang juga sedang menerapkan lockdown.

Serangan tersebut terjadi justru saat adanya dukungan pada Kamis (26/3) dari kelompok-kelompok yang bertikai untuk memenuhi harapan Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) melakukan gencatan senjata untuk melindungi warga dalam menghadapi wabah Covid-19. (AFP/OL-09)

 

Baca Juga

Ilustrasi

Kasus Covid-19 Harian AS Berlipat Ganda

👤Haufan Hasyim Salengke 🕔Minggu 07 Juni 2020, 16:05 WIB
Penghitungan kasus di negara itu mendekati 1,96 juta, tertinggi di dunia, menurut data yang disediakan oleh Worldometer, sumber daring...
MI/Seno

Pesawat AS Jatuh di Georgia, Satu Keluarga Tewas

👤Haufan Hasyim Salengke 🕔Minggu 07 Juni 2020, 15:20 WIB
Lima anggota dari keluarga yang sama tewas dalam kecelakaan pesawat di Georgia, menurut media setempat,...
AFP

Prancis Laporkan 31 Kematian Covid-19, Totalnya 29.142

👤Haufan Hasyim Salengke 🕔Minggu 07 Juni 2020, 11:46 WIB
Jumlah kematian akibat penyakit covid-19 meningkat 31, atau 0,1%, dari hari sebelumnya mencapai 29.142, menurut data yang diunggah di situs...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya