Minggu 29 Maret 2020, 10:55 WIB

NasDem Dukung Adanya Karantina Wilayah di Jakarta

Insi Nantika Jelita | Megapolitan
NasDem Dukung Adanya Karantina Wilayah di Jakarta

MI/PIUS ERLANGGA
Warga tetap berolahraga saat Car Free Day di Bundaran Hotel Indonesia pada 29/3/2020

 

Ketua Fraksi NasDem DPRD DKI Jakarta, Wibi Andrino mengungkapkan pihaknya mendorong adanya karantina wilayah karena persebaran penularan covid-19 yang kian meluas di Ibu Kota.

"Kalau memang Jakarta harus dikarantina, Nasdem tidak masalah. Yang penting harus menjadi suatu keputusan yang bulat. Bukan keputusan masing-masing," kata Wibi saat dikonfirmasi, Jakarta, Minggu (29/3).

Langkah untuk mengarantina itu, sebut Wibi, harus diikuti oleh jaminan adanya ketersediaan kebutuhan pokok untuk warga Jakarta dan kebutuhan fasilitas kesehatan.

"Hak dasar kesehatan rakyat Jakarta harus terpenuhi. Kalau pemerintah pusat misalnya jadi mengambil langkah lockdown, bisa mensubsidi harga listrik juga agar tidak mahal," tutur Wibi.

Pada 15 Maret yang lalu Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, kata Wibi, sempat menyampaikan Jakarta seharusnya di-lockdown. "Tapi kan memang belum disetujui oleh pemerintah pusat," ucapnya.

Baca juga: Anies: Semua Skenario Pencegahan Disiapkan Termasuk Lockdown

Oleh karenanya, NasDem meminta pemerintah pusat dan Pemprov DKI harus linier dalam mengambil keputusan untuk mengarantina wilayah Jakarta.

"Saya minta adalah pemerintah pusat dan DKI harus sinkron. Harus linier. Kerja sama. Harus ada kesepahaman yang sama karena Jakarta adalah rumah pemerintahan pusat," kata Wibi.

"NasDem di DKI Jakarta khawatir kalau tidak dikarantina, maka penduduk pendatang yang nanti pulang kampung akan membawa wabah ini ke kampung masing-masing. Ini bisa jadi problem yang sangat serius," tandasnya.

Saat ini, Anies tengah mengkaji ihwal pembatasan kendaraan ke luar kota dan aturan terkait karantina wilayah.

"Semua dalam kajian. Nanti kalau ada langkah-langkah kita akan umumkan," kata Anies dalam konferensi pers di Balai Kota, Sabtu (28/3). (OL-14)

Baca Juga

Dok.TNI

Tiba Pagi Tadi, 818 ABK Indonesia Langsung Jalani Isolasi

👤Insi Nantika Jelita 🕔Jumat 29 Mei 2020, 18:05 WIB
Sebanyak 818 anak buah kapal (ABK) Indonesia yang bekerja di kapal pesiar tiba di Pelabuhan Tanjung Periok, Jakarta Utara, Jumat...
Antara

Tunjangan Kerja Daerah PNS DKI Resmi Dikurangi

👤Putri Anisa Yuliani 🕔Jumat 29 Mei 2020, 17:50 WIB
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan resmi menerbitkan payung hukum untuk pengurangan tunjangan kinerja daerah (TKD) PNS...
ANTARA FOTO/Fauzan

Ke Jakarta Tak Bawa SIKM, Siapkan Rp1,2 Juta untuk Tes Swab

👤Selamat Saragih 🕔Jumat 29 Mei 2020, 16:55 WIB
Pendatang tanpa memiliki Surat Izin Keluar Masuk ( SIKM) dan keterangan kesehatan bebas COVID-19 diwajibkan mengikuti tes swab dengan biaya...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya