Sabtu 28 Maret 2020, 18:40 WIB

Purbalingga Sanksi Rp500 Ribu bagi ODP Kedapatan Jalan-Jalan

Lilik Dharmawan | Nusantara
Purbalingga Sanksi Rp500 Ribu bagi ODP Kedapatan Jalan-Jalan

MI/Lilik Dharmawan
Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi

 

PEMERINTAH Kabupaten, Jawa Tengah, menyiapkan gelang identitas bagi orang dalam pemantauan (ODP) pandemi virus korona (covid-19).

Mereka juga harus menjalani karantina mandiri. Jika kedapatan mencopot gelang atau ke luar kawasan isolasi akan didenda Rp500 ribu.

Baca juga: Gubernur Ganjar Tetapkan Pemudik ke Jateng Otomatis Berstatus ODP

Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi mengatakan seluruh ODP di Purbalingga wajib menggunakan gelang yang telah disiapkan pemkab.

"Sehingga, para ODP yang menggunakan gelang harus karantina mandiri. Ini penting, untuk menekan angka penyebaran covid-19. ODP adalah mereka yang datang dari luar kota. Sampai sekarang tidak ada larangan untuk masuk ke Purbalingga, hanya saja mereka harus menggunakan gelang. Kami sangat fokus kepada pendatang, karena 5 kasus positif covid-19 berasal dari para pendatang yang mudik ke Purbalingga," ujar Dyah, Sabtu (28/3).

Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi memperlihatkan gelang identitas bagi ODP saat diwawancarai Metro TV. (Instagram @dyahhayuningpratiwi)

Baca juga: Pasar Badung kini Dilengkapi Bilik Disinfektan

Bagi ODP yang mencopot gelang atau berjalan-jalan, akan dikenai sanksi. "Kami telah membetntuk gugus tugas yang memantau di perbatasan, hingga ke kecamatan dan desa. Sehingga nantinya akan dapat efektif pemantauannya. Apalagi saat sekarang ada 968 ODP di Purbalingga," jelasnya. (X-15)
 

Baca Juga

ANTARA FOTO/Andreas Fitri Atmoko

Inflasi DIY Mei 2020 Kembali Meningkat

👤Agus Utantoro 🕔Kamis 04 Juni 2020, 08:27 WIB
Pasokan yang melimpah pada beberapa komoditas pangan utama menyebabkan deflasi kelompok volatile food seperti bawang putih, cabai yang...
ANTARA FOTO/Gusti Tanati

Pemprov Papua Beri Kelonggaran Aktivitas Hingga Pukul 18.00 WIT

👤Antara 🕔Kamis 04 Juni 2020, 08:04 WIB
Sebelumnya, saat diberlakukannya Pembatasan Sosial Diperluas dan Diperketat, waktu aktivitas masyarakat hanya sampaik pukul 14.00...
MI/Djoko Sardjono

ABK Warga Klaten Terkonfirmasi Positif Covid-19

👤Djoko Sardjono 🕔Kamis 04 Juni 2020, 07:49 WIB
Jubir Penanganan Covid-19 Kabupaten Klaten, Cahyono Widodo mengatakan pasien baru positif covid-19 bekerja sebagai anak buah...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya