Sabtu 28 Maret 2020, 18:10 WIB

Gubernur Ganjar Tetapkan Pemudik ke Jateng Otomatis Berstatus ODP

Haryanto | Nusantara
Gubernur Ganjar Tetapkan Pemudik ke Jateng Otomatis Berstatus ODP

Antara
Gubernur Jateng Ganjar Pranowo

 

GUBERNUR Jawa Tengah, Ganjar Pranowo meminta kepada seluruh diaspora Jateng untuk tidak mudik pada saat lebaran nanti. Para pekerja yang ada di kota-kota besar seperti Jabodetabek, Jabar, Jatim, Bali, dan lainnya diminta menetap di lokasi masing-masing.

"Saya sarankan untuk warga Jateng yang sedang bekerja untuk tidak mudik. Saya doakan anda semua sehat. Tapi kalau tidak sehat dan terjangkit virus korona (covid-19), bisa menularkan kepada keluarga di rumah, kan kasihan," kata Ganjar di Semarang, Sabtu (28/3).

Baca juga: Pasar Badung kini Dilengkapi Bilik Disinfektan

Menurutnya, pemudik yang memasuki Jawa Tengah secara otomatis dinyatakan ke dalam kategori orang dalam pemantauan (ODP). "Saya sepakat dengan Sri Sultan Hamengkubuwono X Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta semua pemudik otomatis masuk kategori ODP," tegas Ganjar.

Baca juga: 49 Titik di Dalam dan Menuju Kota Tegal Ditutup

Sehingga, lanjut dia, setiap pemudik harus melakukan isolasi diri di rumah selama 14 hari. "Para pemudik harus mengisolasi diri di rumah selama 14 hari. Segera melapor jika merasakan gejala sakit agar segera ditangani," tutur Ganjar.

Ia pun memerintahkan bupati, wali kota, dan kepala desa untuk mendata pemudik yang datang dari luar Jawa Tengah.

Baca juga: Ribuan APD di Babel langsung Dikirim ke RS Rujukan dan Puskesmas

Pasalnya, kata Ganjar, terjadi peningkatan kasus positif covid-19 yang sangat cepat di Jawa Tengah. Dalam waktu tiga hari, pasien positif di Jawa Tengah naik menjadi 90 orang.

Sementara pemudik per 26 Maret 2020, sebanyak 46.018 pemudik dari berbagai provinsi yang pulang ke Jawa tengah. "Paling banyak ada di Wonogiri 42.838 orang, kemudian kota Semarang dan sekitarnya ada 10.979 di Cilacap ada 4.527, Jepara 2.164. Lainnya ada di Tegal Pemalang di Pekalongan, Kudus, Pati, Grobogan, kabupaten Magelang Purbalingga, Boyolali, Sragen dan Karanganyar." (X-15)
 

Baca Juga

ANTARA FOTO/Rahmad

Bulog Sigli masih Gelar Operasi Pasar Gula

👤Amiruddin Abdullah Reubee 🕔Kamis 04 Juni 2020, 07:13 WIB
Untuk tahap awal Bulog Sigli menyediakan 100 ton gula pasir impor. Dari jumlah tersebut sudah terealisasi penjualan sekitar 80 ton. Lalu...
 ANTARA FOTO/Oky Lukmansyah

Rob Landa Pantura Jateng, Protokol Covid Berlaku di Pengungsian

👤Ferdian Ananda Majni 🕔Kamis 04 Juni 2020, 07:07 WIB
Dalam rangka pencegahan penularan Covid-19 di pengungsian, BPBD Pekalongan  memberlakukan protokol kesehatan dengan menjaga jarak...
ANTARA/Bayu Pratama

Kasus Positif Covid-19 di Kalsel Lampui 1.000 Kasus

👤Denny Susanto 🕔Kamis 04 Juni 2020, 06:10 WIB
Saat ini tercatat jumlah kasus positif virus korona di Kalsel sudah mencapai angka 1.033 kasus bertambah 64 kasus dari hari...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya