Sabtu 28 Maret 2020, 17:00 WIB

Lawan Corona, Warga Gagas Penyemprotan Disinfektan Mandiri

mediaindonesia.com | Megapolitan
Lawan Corona, Warga Gagas Penyemprotan Disinfektan Mandiri

Istimewa
Penyemprotan disinfektan menggunakan truk tangki air di Perumahan Darussalam, Tangerang.

 

PENYEBARAN virus korona baru (covid-19) yang kian signifikan dan terus memakan korban, terutama di wilayah Jabodetabek, membuat sejumlah permukiman di Tangerang berinisiatif melakukan aksi penyemprotan desinfektan secara mandiri.

Warga RT 08 Perumahan Darussalam, Kelurahan Ketapang, Cipondoh, Kota Tangerang, misalnya, mereka menggalang dana untuk penyemprotan tersebut meski biaya yang dikeluarkan tidak sedikit. Menurut Yopi Utomo, 42, Ketua Forum Warga Darussalam (Forward), penyebaran wabah Corona yang kian signifikan membuat warga gelisah.

"Karena itu bersama beberapa rekan kami menggalang dana untuk melakukan penyemprotan. Tak murah biayanya, karena kesulitan kami ialah mencari cairan obat yang kian sulit dan harganya terus bergerak naik," kata Yopi kepada Media Indonesia, Sabtu (28/3). Forward merupakan inisiator aksi penyemprotan disinfektan tersebut.  

Ia menambahkan, kegiatan tersebut akan mereka lakukan secara mandiri dan berlangsung selama 5 hari. Fokus penyemprotan desinfektan dilakukan ke rumah-rumah warga yang jumlahnya mencapai 364 unit.
 
"Hari ini (Sabtu, 28/3) kita fokus menyemprot area jalan, pagar rumah dan juga kawasan sekitar dengan mobil tangki air. Tujuan kami ialah memberikan rasa nyaman untuk warga sehingga psikologinya terjaga," imbuhnya.

Yopi menegaskan kegiatan sosial yang dilakukan Forward akan terus sampai pemerintah menyatakan negara sudah kembali kondusif dan aman dari bahaya virus korona. Selain itu Forward juga akan fokus pada kegiatan sosial lainnya di lingkungan RW 08 dan sekitarnya.

“Forward mengucapkan terima kasih kepada para donatur dan pihak kelurahan yang telah memberikan support pada kegiatan ini, karena sinergi adalah sebuah keharusan dalam melakukan aksi sosial," tegasnya.

Lurah Ketapang Alex Saadon yang sejak hari pertama memantau kegiatan tersebut sangat mengapresiasi inisiatif yang digagas oleh Forward. Menurutnya, ini sangat positif, apalagi kegiatan itu dilakukan secara mandiri.

"Kondisi yang kian mengkhawatirkan sudah seharusnya membuat kita bahu membahu menyelesaikan masalah ini. Seluruh RW dan RT di wilayah Ketapang juga sudah melakukan aksi penyemprotan desinfektan,” imbuhnya.

Selain itu, Lurah Alex mengingatkan agar setiap RW membuat tim siaga Covid-19 dengan melibatkan berbagai elemen warganya. (X-12)

Baca Juga

MI/Vicky Gustiawan

Ragunan Batasi Pengunjung 5.000 Orang per Hari Saat Normal Baru

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 29 Mei 2020, 23:10 WIB
Mekanisme untuk mengatur batasan jumlah pengunjung ke Ragunan dilakukan dengan mewajibkan pengunjung mendaftar secara...
MI/ Barry F

Masa Tanggap Darurat Depok Diperpanjang hingga 30 Juni

👤Kisar Rajagukguk 🕔Jumat 29 Mei 2020, 23:06 WIB
Sementara itu, Idris menyampaikan hingga saat ini terjadi penambahan kasus konfirmasi positif sebanyak 4 kasus menjadi 551...
Antara/Adfitya Pradana Putra

Total Denda Pelanggaran PSBB DKI Jakarta Hampir Rp600 Juta

👤Insi Nantika Jelita 🕔Jumat 29 Mei 2020, 22:38 WIB
" Jumlah Total Denda capai Rp599.850.000, hampir 600 juta. Paling banyak tempat usaha ya," kata...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya