Sabtu 28 Maret 2020, 10:12 WIB

Penitia Pemilihan Wagub DKI Usulkan E-Voting

Insi Nantika Jelita | Megapolitan
Penitia Pemilihan Wagub DKI Usulkan E-Voting

Dok MI
Ilustrasi

 

KETUA panitia pemilihan (panlih) DPRD DKI Jakarta dari Fraksi PAN Farazandi Fidinansyah mengungkapkan pihaknya mengusulkan adanya e-voting dalam pemilihan wakil gubernur (wagub). Hal itu sebagai upaya untuk mencegah penularan Covid-19.

"Sebetulnya, jauh-jauh hari panlih itu sudah memikirkan ada e-voting. Usulan e-voting pun ini masih jadi bahan konsultasi dulu, apakah mungkin ada pengecualian karena ini kondisi darurat jadi bisa dilakukan di luar tata tertib," katw Farazandi saat dikonfirmasi, Sabtu (28/3).

Usulan e-voting itu, sebut Farazandi, terganjal tata tertib (tatib) DPRD yang menyebutkan dalam paripurna pemilihan wagub ada verifikasi kehadiran absensi anggota dewan. Para anggota DPRD harus hadir langsung dalam pemilihan tersebut.

"Kami sedang berkonsultasi dulu masalah tatib, apakah mungkin ada diskresi atau pun inovasi yang bisa dilakukan (soal e-voting)," ucap Farazandi.

Baca juga: 3 Orang Positif Covid-19, 300 Jemaah Masjid Dikarantina

Menurutnya, usulan itu sama dengan tahapan penyampaian visi misi oleh dua calon wagub, yang menggunakan teleconference dalam pelaksanaan pemilihan.

"Nah soal visi misi itu kan kita juga melakukan insiatif dan inovasi sama halnya juga e-voting kami pikirkan back up plan. Karena kan kita tidak tau apa yang mungkin terjadi sampai hingga 6 April nanti. Jadi, kami di panlih harus menyiapkan alternatif plan," tutur Farazandi.

Setelah berkonsultasi dan mendapat kejelasan soal usulan e-voting ini, panlih bakal usulkan di dalam rapat badan musyawarah (bamus) DPRD. Karena, menurutnya, tahapan pemilihan merupakan agenda resmi yang harus diputuskan bersama-sama.

"Setiap agenda resmi harus dibamuskan terkait pembatalan atau agenda ulang. Kami coba satu-satu (usulan) dulu. Nanti kalau memang untuk kehadiran rapat paripurna tidak dimungkinkan atau tanggalnya dievaluasi kembali atau diizinkan masalah e-voting, nanti akan dirapatkan kembali," tandas Farazandi.

Sebanyak 106 anggota dewan akan memilih salah satu calon wagub, yakni Ketua DPP Gerindra Ahmad Riza Patria dan Politikus PKS Nurmansjah Lubis untuk mendampingi Gubernur Anies Baswedan. (OL-1)

Baca Juga

MI/Andri Widiyanto

DKI belum Bisa Pastikan Pembukaan Tempat Wisata

👤Yanti Nainggolan 🕔Rabu 27 Mei 2020, 11:01 WIB
Pembukaan tergantung pada jenis tempat wisata. Tempat wisata dengan risiko penularan covid-19 paling kecil akan dibuka lebih...
MI/Susanto

MRT Jakarta Siap Jadi Model Transportasi di Masa New Normal

👤Putri Anisa Yuliani 🕔Rabu 27 Mei 2020, 10:31 WIB
“Kita sangat ketat menerapkan prinsip social distancing. Semua pengguna jasa harus melewati pemeriksaan suhu, pengaturan jarak...
ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A

Pemprov DKI Dapat Rp75 Juta dari Perusahaan Pelanggar PSBB

👤Kautsar Bobi 🕔Rabu 27 Mei 2020, 08:17 WIB
Besar kecil denda yang diberikan didasarkan pada tingkat pelanggaran yang dilakukan...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya