Sabtu 28 Maret 2020, 01:10 WIB

Tapanuli Utara Usul Deposito Daerah Dipakai Tanggulangi Covid-19

Januari Hutabarat | Nusantara
Tapanuli Utara Usul Deposito Daerah Dipakai Tanggulangi Covid-19

MI/ Januari Hutabatat
Nikson Nababan

 

MANAGING Director Political Economy & Policy Studies Anthony Budiawan mendukung usulan Bupati Tapanuli Utara Nikson Nababan yang meminta pemerintah pusat mengizinkan pemerintah daerah menggunakan dana deposito yang tersimpan di bank milik provinsi.

Usulan ini dikemukakan supaya pemerintah tidak membuka keran utang dari luar negeri.

"Karena sebenarnya masih banyak sumber pendanaan di dalam negeri. Selain pemerintah juga masih banyak uang di kas nya. Ada lebih dari Rp270 triliun per akhir Februari 2020. Kalau ini diberdayakan di seluruh Indonesia, maka jumlahnya bisa mencapai puluhan triliun, mungkin bisa lebih dari Rp 50 triliun," ujarnya kepada Media Indonesia, Jumat (27/3).

Menurut Anthony, kondisi daerah saat ini sangat minim sarana kesehatan berupa uang kekurangan ruang isolasi dan APD guna memerangi virus korona.

Bergantung kepada utang luar negeri, jelasnya, langkah yang tidak tepat mengingat keuangan negara tengah bergejolak akibat pandemi korona.

"Bisa membantu meringankan keuangan pusat. Jadi Beliau juga mengatakan tidak perlu pinjam ke IMF. Ini luar biasa. Pemerintah hanya perlu membuat payung hukum untuk memberdayakan dana tersebut," tandasnya.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo berencana mengalkulasi ulang APBN dan APBD dalam menghadapai pandemi korona. 

Menurutnya, di saat sulit seperti ini, APBN dan APBD harus difokuskan pada kesehatan, bantuan sosial dan insentif ekonomi. (OL-8).

 

Baca Juga

MI/MOAT ANGGA

Sikka Bangun 14 Ruang Isolasi Termasuk untuk Bayi Positif Korona

👤Gabriel Langga 🕔Sabtu 30 Mei 2020, 13:15 WIB
Untuk mengantisipasi membludaknya pasien, sambung dia, Pemkab Sikka tengah membangun 14 ruangan isolasi di 14 puskesmas rekanan yang...
Mi/Martinus Solo

Tim Gabungan Gelar Patroli Malam di Laut Sorong

👤Martinus Solo 🕔Sabtu 30 Mei 2020, 13:00 WIB
Patroli dilakukan guna mengantisipasi kemungkinan penyebaran pandemi covid-19 di Kota Sorong melalui laut oleh nelayan dan masyarakat yang...
MI/Djoko Sardjono

Terdampak Covid-19, Pekerja di Objek Wisata Klaten Dapat Bantuan

👤Djoko Sardjono 🕔Sabtu 30 Mei 2020, 12:15 WIB
Para pekerja di lingkungan objek wisata yang terkena dampak pandemi Covid-19, seperti tukang parkir, pedagang, satpam, dan...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya