Sabtu 28 Maret 2020, 01:40 WIB

Pemerintah Didorong Segera Terbitkan Aturan Karantina Wilayah

Atalya Puspa | Humaniora
Pemerintah Didorong Segera Terbitkan Aturan Karantina Wilayah

Antara
.

 

PEMERINTAH didesak segera menerbitkan Peraturan Pemerintah terkait karantina wilayah. Hal ini berkaitan dengan upaya menekan penyebaran virus korona (covid-19).

Wakil Ketua Komisi IX DPR RI Saleh Daulay menilai, semua pihak saat ini sedang menunggu kebijakan aktual pemerintah dalam menangani penyebaran covid-19.

Terlebih lagi saat ini sejumlah daerah juga sudah mencoba melaksanakan karantina wilayah (lockdown). Namun, karena masih ada perdebatan soal definisi dan teknis pelaksanaanya, wilayah dan daerah tersebut tidak menyebutnya sebagai lockdown.

“Saya dengar sudah ada daerah yang malah mau menutup pintu masuk dan keluar. Kemudian orang menafsirkan bahwa itu sebagai lockdown. Tetapi daerah itu kemudian membantah bahwa yang mereka lakukan bukanlah lockdown," kata Saleh kepada Media Indonesia, Jumat (27/3).

Di lain pihak, kata Saleh, ada sekelompok guru besar yang sudah mengusulkan untuk melakukan local lockdown. Artinya, penutupan yang dilakukan tidak secara nasional. Penutupan hanya dilakukan di daerah tertentu saja yang dinilai sebagai pusat penyebaran virus.

“Guru-guru besar itu niatnya pasti baik. Apa yang mereka sampaikan pastilah didasarkan atas pertimbangan rasional. Targetnya tentu untuk menyelesaikan masalah yang sedang kita hadapi," tuturnya.

Saleh berharap, peraturan pemerintah itu bisa terbit dalam beberapa hari ke depan. Hal itu diharapkan juga dapat menekan laju penyebaran virus yang semakin lebar.

"Dengan begitu, kita bisa melangkah lebih maju dalam mengatasi virus corona yang semakin mengancam ini," tandasnya. (OL-8)

Baca Juga

Antara

Menag: Pandemi Korona Ujian Ketakwaan Umat Islam

👤Ant 🕔Minggu 24 Mei 2020, 23:55 WIB
"Pandemi ini mengajarkan kita untuk menjadi manusia yang benar-benar bertakwa yang memiliki keseimbangan antara spiritual vertikal...
MI/ Vicky Gustiawan

Pasien Rawat Inap di Wisma Atlet Berkurang 50 Orang

👤Ant 🕔Minggu 24 Mei 2020, 21:50 WIB
Sejak beroperasi pada 23 Maret, sampai dengan 24 Mei 2020, sebanyak 1.875 pasien telah dinyatakan sembuh setelah dirawat di RS Darurat...
Ist/KLHK

Saat halal Bi Halal, Dubes Inggris Apresiasi Menteri LHK RI

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 24 Mei 2020, 21:41 WIB
Duta Besar Inggris untuk Indonesia dan Timor-Leste, Owen Jenkins mengapresiasi kepemimpinan Menteri Siti Nurbaya di sektor kehutanan dan...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya