Sabtu 28 Maret 2020, 00:41 WIB

MUI: Muslim Wafat Karena Covid-19 Meninggal Syahid Akhirat

Ant | Humaniora
MUI: Muslim Wafat Karena Covid-19 Meninggal Syahid Akhirat

Dok MI
.

 

KETUA Komisi Fatwa Majelis Ulama Indonesia Hasanuddin AF mengatakan, seorang muslim yang meninggal karena virus Covid-19 maka wafat secara syahid akhirat tetapi haknya sebagai jenazah wajib dipenuhi.

"Syahid akhirat adalah muslim yang meninggal dunia karena kondisi tertentu antara lain karena wabah, tenggelam, terbakar dan melahirkan, yang secara syar’i dihukumi dan mendapat pahala syahid, tetapi secara duniawi hak-hak jenazahnya tetap wajib dipenuhi," kata Hasanuddin kepada wartawan di Jakarta, Jumat.

Hasanuddin menambahkan, pahala syahid terhadap jenazah terinfeksi covid-19 maksudnya dosanya diampuni dan dimasukkan ke surga tanpa hisab meski dalam memperlakukan jenazah harus dilakukan sesuai tata cara yang sudah ditetapkan MUI, seperti dimandikan sebelum dimakamkan.

"Umat Islam yang wafat karena wabah Covid-19 dalam pandangan syara’ termasuk kategori syahid akhirat dan hak-hak jenazahnya wajib dipenuhi, yaitu dimandikan, dikafani, dishalati, dan dikuburkan, yang pelaksanaannya wajib menjaga keselamatan petugas dengan mematuhi ketentuan-ketentuan protokol medis," kata dia.

Dia mengatakan pedoman mengurus jenazah Covid-19 yang dirilis MUI menegaskan kembali ketentuan Fatwa MUI Nomor 14 Tahun 2020 angka 7.

Dalam ketentuan itu, kata dia, menetapkan pengurusan jenazah terpapar korona, terutama dalam memandikan dan mengafani harus dilakukan sesuai protokol medis dan dilakukan oleh pihak yang berwenang dengan tetap memperhatikan ketentuan syariat.

Sedangkan untuk menshalatkan dan menguburkannya, kata dia, dilakukan sebagaimana biasa dengan tetap menjaga agar tidak terpapar ckorona. (OL-8)

 

Baca Juga

Antara

Jelang New Normal, Nadiem Diminta Bikin Terobosan

👤Insi Nantika Jelita 🕔Minggu 07 Juni 2020, 16:32 WIB
"Tolong segera Mas Menteri jangan tunggu virusnya hilang. Saya tidak bilang sekolah harus dibuka. Tapi sistem pendidikannya jangan...
Ilustrasi

Hari ini, Pasien Covid-19 Sembuh di Indonesia jadi 10.498 Orang

👤Ihfa Firdausya 🕔Minggu 07 Juni 2020, 16:25 WIB
Update perkembangan kasus covid-19 di Tanah Air pada Minggu (7/6) mengungkapkan, pasien korona yang sembuh bertambah 591 orang sehingga...
Dok MI

Pakar Epidemiologi UI Bantah Kemenkes Soal Hidroksiklorokuin

👤Insi Nantika Jelita 🕔Minggu 07 Juni 2020, 16:19 WIB
Pakar Epidemiologi Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Universitas Indonesia (UI) Pandu Riono membantah pernyataan yang dibuat oleh...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya