Jumat 27 Maret 2020, 23:53 WIB

IDI : Petugas tak Pakai APD tak Bisa Ikut Rawat Pasien Covid-19

Mediaindonesia.com | Humaniora
IDI : Petugas tak Pakai APD tak Bisa Ikut Rawat Pasien Covid-19

Antara/Muhammad Adimaja
Petugas medis menggubakan APD

 

IKATAN Dokter Indonesia (IDI) membantah kabar adanya pernyataan yang menyebut dokter di Indonesia akan mogok menangani pasien Covid-19 bila kebutuhan alat pelindung diri (APD) tak terpenuhi  

Ketua Umum IDI Daeng M.Faqih menjelaskan, pernyataan IDI bertujuan untuk melindungi tenaga medis yang menangani Covid-19. Menurutnya, tenaga medis yang menangani pasien Covid-19 harus memakai APD yang memadai.

 

"Yang pakai APD boleh merawat pasien Covid-19., yang tidak pakai APF tidak boleh ikut merawat pasien Covid-19," kata Daeng.

Daeng menyebut, dokter, perawat, dan tenaga kesehatan lainnya merupakan garda terdepan dalam penanganan Covid-19 yang terus bertambah di Indonesia.

Di sisi lain, untuk melindungi tenaga kesehatan, IDI juga mengeluarkan Surat Edaran Petunjuk Pencegahan Penularan Covid-19 untuk tenaga kesehatan. Dalam surat edaran yang ditandatangi Daeng itu, IDi dan Persatuan Dokter Gigi Indonesia menyebut perlu adanya petunjuk yang dapat membantu tenaga kesehatan melindungi diri sebelum memberikan layanan kepada pasien.

Baca juga : Nadiem Realokasi Anggaran Rp405 Miliar untuk Covid-19

Dalam surat edaran itu, IDI meminta semua dokter dan pasien menggunakan masker bedah. Khusus pemeriksaan jarak dekat, dokter disarankan untuk menggunakan masker N95. Baju pelindung digunakan bila pasien terkonfirmasi bagian dari kriteria pasien Covid-19.

Selain petunjuk teknis bagi tenaga kesehatan, surat petunjuk itu juga meminta penanganan pasien dengan gejala infeksi saluran pernapasan dipisahkan dengan pasien umum untuk menghindari adanya Covid-19.

Surat edaran itu juga memberikan petunjuk bagi karyawan rumah sakit non-tenaga kesehatan dan cara membersihkan alat-alat kesehatan yang telah digunakan. (RO/OL-7)

Baca Juga

Dok Kemkominfo

Lebaran Virtual, Menkominfo Ajak Warga Berdamai dengan Covid-19

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 27 Mei 2020, 10:15 WIB
Johnny menekankan kembali arahan Presiden Joko Widodo untuk menghadapi covid-19 dengan fokus pada aspek medis dan...
ANTARA/Didik Suhartono

Tekan Penyebaran Covid-19, Dua Mobil Lab Dikirim ke Surabaya

👤Kautsar Widya Prabowo 🕔Rabu 27 Mei 2020, 10:11 WIB
Hal tersebut dilakukan seiring dengan angka penyebaran covid-19 yang tinggi di Kota Surabaya mencapai 2.118 kasus positif, pada Selasa...
ANTARA FOTO/Septianda Perdana

Dua Menara Wisma Pademangan untuk Karantina WNI Repatriasi

👤Fachri Audhia Hafiez 🕔Rabu 27 Mei 2020, 09:25 WIB
Sebanyak 1.848 warga diisolasi di Wisma Karantina Pademangan. Sejak dibuka untuk penanganan covid-19, sebanyak 4.175 warga repatriasi dari...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya