Sabtu 28 Maret 2020, 01:30 WIB

DB Tetap Mengancam pada April

(AU/AT/N-2) | Nusantara
DB Tetap Mengancam pada April

MI/Ardi Teristi Hardi
Riris Andono Ahmad, Co-Principal Investigator World Mosquito Program Yogyakarta menunjukkan nyamuk berwolbachia.

 

KEWASPADAAN terhadap kasus demam berdarah nyaris tersisihkan wabah korona. Padahal, sampai April mendatang, ancaman DB masih tinggi dan justru mencapai puncaknya.

Peringatan disampaikan ahli serangga dari World Mosquito Programme Yogyakarta, Warsito Tantowijoyo, kemarin. "Masyarakat tidak boleh lengah dan tetap harus waspada terhadap ancaman DB," ujarnya.

DI Yogyakarta cukup menderita dengan deraan DB. Tahun ini saja, jumlah penderitanya mencapai 333 orang dengan 2 di antaranya meninggal dunia. "Maret dan April akan menjadi puncak kasus DB di Kota Yogyakarta. Januari lalu merupakan puncak perkembangan populasi nyamuk Aedes aegypti. Musim tinggi DB biasanya terjadi 2-3 bulan setelah puncak populasi, yang kemungkinan jatuh pada akhir Maret-April," tambah Warsito.

Peneliti Utama WMP Yogyakarta Adi Utarini menambahkan, pada 2016 pihaknya menitipkan ember berisi telur Aedes aegypti yang sudah mengandung wolbachia di sejumlah area. Bakteri itu efektif menurunkan angka kejadian DB, dan terbukti di Kota Yogyakarta bisa turun hingga 74%. (AU/AT/N-2)

Baca Juga

MI/Martinus Solo

Pertamina RU VII Bantu APD ke Tenaga Kesehatan Sorong

👤Martinus Solo 🕔Rabu 27 Mei 2020, 09:43 WIB
Pertamina RU VII Kasim membantu mengatasi pandemi covid-19 di Kota Sorong, Papua Barat dengan menyalurkan APD untuk tenaga...
MI/Rendy Ferdiansyah

Pertamina Sumbagsel Sediakan 15 Ribu Pangkalan Resmi LPG 3 Kg

👤Rendy Ferdiansyah 🕔Rabu 27 Mei 2020, 09:29 WIB
15 ribu pangkalan resmi LPG 3 kg bersubsidi memiliki ciri-ciri di lokasi penjualan ada plang penanda yang mencantumkan nama pangkalan,...
ANTARA FOTO/Kornelis Kaha

Bupati Manggarai Barat Minta TN Komodo Dibuka Kembali

👤John Lewar 🕔Rabu 27 Mei 2020, 08:49 WIB
Penutupan Taman Nasional Komodo membuat pendapatan Pemkab Manggarai Barat turun hingga...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya