Jumat 27 Maret 2020, 20:21 WIB

Babel Gerak Cepat Distribusikan 2.000 APD ke Kabupaten/Kota

mediaindonesia.com | Nusantara
Babel Gerak Cepat Distribusikan 2.000 APD ke Kabupaten/Kota

MI/Rendy Ferdiansyah
Ketua Gugus Tugas Covid-19 Babel Mikron Antariksa mendistribusikan APD ke kabupaten/kota.

 

Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) mendapat bantuan 2.000 alat pelindung diri (APD) untuk penanganan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19). Bantuan tersebut pun langsung didistribusikan ke rumah-rumah sakit rujukan dan puskesmas di kabupaten/kota se-Babel, Jum'at (27/3).

Ketua Tim Gugus Tugas Penanganan dan Pencegahan Penyebaran Covid-19 Bangka Belitung, Mikron Antariksa mengatakan, bantuan sebanyak 2.000 APD berupa baju pelindung tersebut didapat dari ‎Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).‎

"APD di kita ini minim sekali bahkan mendapatkan bantuan dari masyarakat. Ambil contoh saat ini di RSUP Soekarno sudah menggunakan jas hujan karena kekurangan APD. Alhamdulillah, hari ini kita mendapatkan bantuan APD dari BNPB dan difasilitasi oleh kawan-kawan Kemenhan Wilayah Bangka Belitung," kata Mikron.

Pengiriman APD ini merupakan dropping serentak di seluruh Indonesia. Menurutnya, ketersediaan APD sangat membantu dalam melakukan pelayanan kesehatan terhadap ODP maupun PDP karena diketahui saat ini Covid-19 sedang mewabah dan banyak sekali tenaga kesehatan saat ini yang terpapar Covid-19 ini, untuk itulah APD ini sangat dibutuhkan. 

Jumlah APD yang diberikan disesuaikan dengan perhitungan kebutuhan tiap kabupaten/kota. Sebanyak 155 APD yang didistribusikan ke Kabupaten Bangka diterima langsung oleh Bupati Bangka Mulkan. Sedangkan untuk Kota Pangkalpinang diterima oleh Ketua DPRD Kota Pangkalpinang sebanyak 195 APD. 

APD yang disampaikan kepada kabupaten/kota akan didistribusikan ke rumah-rumah sakit rujukan hingga puskesmas sebagai instansi yang menangani Orang Dalam Pemantauan (ODP) dan Pasien Dalam Pengawasan (PDP).

Berdasarkan data distribusi APD, APD Kabupaten Bangka akan diserahkan ke RSUD Depati Bahrin sebanyak 25 APD, RSUD Eko Maulana (25), RSUD Syafrie Rahman (25), RS Medika Stania (10), RS Arsani (10), dan 12 puskesmas pembantu masing-masing sebanyak 5 APD (60).

Sedangkan APD yang didistribusikan ke Kota Pangkalpinang akan diserahkan ke RSUD Depti Hamzah (100), RSBT (15), RS Bhakti Wara (10), RS Muhaya (5), RS KIM (10), RS Dzakirah (5), RS Rona (5), dan 9 puskesmas pembantu masing-masing 5 APD (45).

“Menyusul APD akan didistribusikan ke Kabupaten Belitung dan Belitung Timur pada esok hari Sabtu (28/3) menggunakan Kapal Cepat Express Bahari,” tutupnya.(RF/OL-10)

Baca Juga

DOK KEMENTAN

Jaga Ketahanan Pangan, Gubernur Jatim Percepat Tanam Padi

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 07 Juni 2020, 16:11 WIB
Gubernur Khofifah turun langsung melaksanakan tanam padi dengan sistem tanam jajar legowo dengan varietas inpari...
MI/Nurul HIdayah

BMKG Perkirakan Banjir Rob Berkurang Dua Hari ke Depan

👤Ihfa Firdausya 🕔Minggu 07 Juni 2020, 15:12 WIB
Banjir rob diperkirakan akan berkurang dua hari ke depan. Hal ini disebabkan bergesernya fase bulan purnama dan menurunnya kecepatan angin...
ANTARA

Doni Minta Warga Kalsel yang Ikut Tablig di Gowa Melaporkan Diri

👤Mediaindonesia.com 🕔Minggu 07 Juni 2020, 15:00 WIB
Kesadaran untuk memeriksakan diri merupakan kunci untuk mencegah penularan Covid-19 di...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya