Jumat 27 Maret 2020, 17:40 WIB

FK Universitas Andalas Sudah Mampu Uji Sampel Covid-19

Yose Hendra | Humaniora
FK Universitas Andalas Sudah Mampu Uji Sampel Covid-19

dok.Universitas Andalas
Fakultas Kedokteran Universitas Andalas sudah bisa menguji sampel covid-19

 

LABORATORIUM Dioagnostik dan Riset Terpadu Penyakit Infeksi Fakultas  Kedokteran Universitas Andalas sudah bisa melakukan uji sampel pasien terpapar Corona Virus 19 (Covid) terhitung hari Selasa (24/3).

"Semua sarana prasarana yang akan digunakan sudah siap, namun kami (petugas) masih menunggu Alat Pelindung Diri (APD) dulu,"  ujar Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Andalas Rika Susanti, kemarin.

Disampaikannya, reagen ( Indonesia sudah punya reagen yang disebut primer, hal yang dibutuhkan untuk mendeteksi materi genetik virus corona baru), sudah sampai kemarin dan sudah bisa dilakukan pemeriksaan untuk 100 sampel Covid- 19.

Untuk tenaga laboratorium, jelas Rika, menempatkan 15 orang dan perharinya menugaskan enam orang dengan kebutuhan APD per hari enam set karena alat tersebut hanya bisa digunakan sekali pakai.

Sebelumnya Rektor Universitas Andalas Yuliandri, menyebutkan uji sampel pasien korona hasilnya bisa didapatkan dalam sehari selesai atau maksimal 24 jam di Laboratorium Fakultas Kedokteran.

"Sarana prasarana serta sumber daya manusia kami sudah memadai,setidaknya untuk diagnosis awal Covid-19, hasilnya bisa diketahui positif atau negatif," ujarnya.

Dengan hasil labor yang bisa didapatkan dalam 24 jam, pemerintah daerah dan pihak terkait bisa lebih cepat mengambil kebijakan dalam penanganan pasien suspect korona.

"Sampel pasien di Sumatera Barat tak perlu lagi dikirim ke Balitbangkes Kementerian Kesehatan, karena pengujian sampel pasien terduga Covid-19  sudah bisa dilakukan di Fakultas Kedokteran Universitas Andalas," ujarnya.

Ditambahkannya, selama ini pengujian sampel di seluruh Indonesia dilakukan Balitbangkes Kemenkes sehingga hasil sampel pasien baru keluar minimal setelah empat hari. (OL-13)

Baca Juga: Ini Layanan Telemedik untuk Panduan Isolasi Mandiri Covid-19
 

Baca Juga

Mi/Tri Subarkah

Lebaran, KLHK Tetap Lakukan Rekayasi Cuaca di Lahan Gambut Riau

👤Ferdian Ananda Majni 🕔Senin 25 Mei 2020, 09:45 WIB
Sejak dimulainya operasi TMC pada 13 Mei lalu, hingga 24 Mei, telah dilakukan 10 sorti penerbangan dengan total bahan semai NaCl 8 ton di...
Antara

Menag: Pandemi Korona Ujian Ketakwaan Umat Islam

👤Ant 🕔Minggu 24 Mei 2020, 23:55 WIB
"Pandemi ini mengajarkan kita untuk menjadi manusia yang benar-benar bertakwa yang memiliki keseimbangan antara spiritual vertikal...
MI/ Vicky Gustiawan

Pasien Rawat Inap di Wisma Atlet Berkurang 50 Orang

👤Ant 🕔Minggu 24 Mei 2020, 21:50 WIB
Sejak beroperasi pada 23 Maret, sampai dengan 24 Mei 2020, sebanyak 1.875 pasien telah dinyatakan sembuh setelah dirawat di RS Darurat...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya