Jumat 27 Maret 2020, 17:38 WIB

Jika Covid-19 Terus Meningkat Hingga Bulan Depan, PON Ditunda

Akmal Fauzi | Olahraga
Jika Covid-19 Terus Meningkat Hingga Bulan Depan, PON Ditunda

ANTARA FOTO/Gusti Tanati
Pekerja menyelesaikan pembangunan venue Aquatic PON XX Papua di Kampung Harapan, Sentani, Jayapura, Papua

KOMITE Olahraga Nasional Indonesia (KONI) masih memantau kondisi pandemi virus korona (covid-19) di Indonesia sebelum memutuskan nasib Pekan Olahraga Nasional (PON) XX/2020 Papua. Jika dalam satu hingga dua bulan Covid-19 terus meningkat, KONI mengusulkan PON untuk ditunda.

"Kami masih berasumsi PON masih on schedule Oktober 2020. Tapi kami juga akan melihat, jika kasus (Covid-19) terus meningkat satu atau dua bulan, KONI memberikan saran ke pemerintah agar PON ditunda" kata Ketua KONI Pusat Marciano Norman kepada Media Indonesia, Jum'at (27/3).

Marciano mengatakan, keselamatan dan kesehatan atlet serta ofisial tim akan tetap jadi prioritas utama pada PON 2020 Papua. KONI saat ini masih terus berkomunikasi dengan pimpinan cabang olahraga, KONI daerah dan juga Pengurus Besar (PB) PON.

"Tentu kondisi ini kan bukan hal yang bisa diduga. Keselamatan dan kesehatan atlet akan tetap jadi prioritas. Tapi kita berharap dalam satu hingga dua bulan ke depan tren kasus (covid-19) bisa menurun," jelasnya.

Baca juga: PB PON 2020 Tunggu Keputusan Resmi Pemerintah

Selain itu, KONI meminta pimpinan cabang olahraga mengatur sistem pemusatan atlet daerah (pelatda) sesuai protokol kesehatan agar tidak terpapar covid-19. Marciano tidak memungkiri, kondisi saat ini berpengaruh terhadap persiapan atlet.

"Kondisi ini berdampak ke pelatda. Para atlet juga menyesuaikan dengan kebijakan di daerahnya sendiri. Kalau tidak bisa dalam satu tempat latihan, mereka bisa berlatih di rumah dan dipantau oleh pelatihnya," jelasnya. (OL-4)

Baca Juga

AFP

Connor McGregor Terima Tantangan Anderson Silva

👤Widhoroso 🕔Sabtu 30 Mei 2020, 07:15 WIB
Dalam dua panampilan terakhirnya di UFC, Silva menelan kekalahan yaitu dari Jared Cannonier dan Israel...
AFP

Federer Gantikan Messi sebagai Atlet Dengan Pendapatan Terbesar

👤Antara 🕔Sabtu 30 Mei 2020, 04:50 WIB
Federer, pemenang 20 gelar grand slam itu dilaporkan memperoleh US$106,3 juta dalam 12 bulan terakhir, termasuk di antaranya US$100 juta...
AFP

Efek Korona, Federer Atlet Terkaya 2020

👤Ant 🕔Sabtu 30 Mei 2020, 02:31 WIB
"Pandemi virus korona memicu pemotongan gaji bagi bintang sepak bola Messi dan Ronaldo, membuka jalan bagi pemain tenis naik peringkat...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya