Jumat 27 Maret 2020, 15:27 WIB

DPRD Ingatkan Anies Sediakan APD bukan Cuma Kamar Hotel

Insi Nantika Jelita | Megapolitan
DPRD Ingatkan Anies Sediakan APD bukan Cuma Kamar Hotel

Instagram @aniesbaswedan
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan

 

ANGGOTA Komisi B DPRD DKI Jakarta dari Fraksi PDIP Gilbert Simanjutak mengingatkan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan untuk segera mengalokasikan dana untuk kebutuhan medis seperti alat pelindung diri (APD).

Menurutnya, masih banyak kebutuhan medis lain yang harus dipentingkan, ketimbang pemberian layanan gratis menginap di hotel untuk paramedis.

Baca juga: 50 Warteg di Jakarta Sediakan Makanan Gratis, Ini Lokasinya

"Penginapan layanan gratis itu baik tapi tidak cukup. Mereka (paramedis) lebih butuhkan APD. Jangan hanya mengandalkan bantuan pusat saja," ujar Gilbert kepada Media Indonesia, Jakarta, Jumat (27/3).

Baca juga: Ini Syarat Petugas Medis Menginap Gratis di Grand Cempaka Mas

Gilbert mengatakan dalam pembelian kebutuhan medis untuk memerangi covid-19, bisa menggunakan anggaran APBD tidak terduga. Adanya sinergi antara daerah dan pusat juga perlu karena menurutya beban di pemerintah pusat jauh lebih berat.

"Saat ini hampir semua bantuan di DKI dari pusat, sementara beban pusat terlalu besar. Pemda harusnya ikut (terlibat) lagi," kata Gilbert.

"Keberpihakan ke rakyat dan tenaga medis harus jelas, jangan hanya kata-kata. Keberpihakan yang jelas juga soal alokasi APBD," lanjutnya.

Baca juga: Demokrat: Surat Anies Untuk Petugas Medis Kental Motif Politik

Sebelumnya, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melalui BUMD miliknya, yakni PT. Jakarta Tourisindo (Jaktour) memfasilitasi tempat tinggal atau penginapan yang nyaman dan layak bagi para Tenaga Medis yang menangani pasien COVID-19.

Para tenaga medis yang berasal dari Rumah Sakit Pasar Minggu dan Rumah Sakit Tarakan sudah menempati Hotel Grand Cempaka sebagai tempat menginap dan beristirahat mulai Kamis (26/3). Mereka dijemput langsung menggunakan Bus Transjakarta secara bertahap. (X-15)

Baca Juga

Antara/Muhammad Adimaja

Dalam Dua Pekan Hampir 3.000 SIKM Diterbikan Pemprov DKI Jakarta

👤Insi Nantika Jelita 🕔Selasa 02 Juni 2020, 23:56 WIB
Sementara permohonan yang ditolak mencapai 36.857 permohonan SIKM dan menunggu validasi penjamin ada 1.680 permohonan dan 19.577 permohonan...
AntaraDhemas Reviyanto

Tak Terapkan Protokol Kesehatan, Perusahaan Didenda Rp20 Juta

👤Putri Anisa Yuliani 🕔Selasa 02 Juni 2020, 23:29 WIB
Penemuan ini berdasarkan sidak yang dilakukan pada hari ini. Atas pelanggaran itu, Disnaker memberikan sanksi denda kepada perusahaan...
MI/Susanto

Polisi: Dwi Sasono tidak Terindikasi Jaringan Pengedar Narkoba

👤Antara 🕔Selasa 02 Juni 2020, 22:56 WIB
PENYIDIK Satuan Reserse Narkoba Polres Metro Jakarta Selatan tidak menemukan adanya indikasi aktor Dwi Sasono alias DS terlibat dalam...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya