Jumat 27 Maret 2020, 14:32 WIB

Dapur Juga Penting Didisinfeksi, Ini Caranya

Fetry Wuryasti | Weekend
Dapur Juga Penting Didisinfeksi, Ini Caranya

Alyson McPhee
Dapur juga merupakan area penting untuk didisinfeksi karena tempat yang kerap dikunjungi anggota keluarga.

BEKERJA, belajar dan beribadah di rumah artinya Anda akan bersama anggota keluarga 7×24 jam. Ahli epidemiologi Universitas Michigan, Aubree Gordon, mengatakan pandemi virus korona adalah saat yang sangat menegangkan bagi semua orang.

"Kecuali seseorang di rumah sakit, saya sarankan orang makan bersama keluarga. Itu berarti lebih banyak memasak dan membersihkan. Bahkan ketika Anda tidak berkumpul di sekeliling meja, kemungkinan semua orang akan keluar-masuk dapur sepanjang hari sambil ngemil atau minum," kata Gordon, dikutip Huffpost.com.

Beberapa kiat para ahli tentang menjaga dapur Anda bersih dan aman bebas dari covid-19, antara lain bersihkan dapur lebih dari sekali sehari.

Ada beberapa bukti dalam percobaan simulasi, yang diterbitkan oleh New England Journal of Medicine, bahwa coronavirus dapat tetap bertahan selama berjam-jam di permukaan, dan mungkin seseorang mungkin tanpa sadar telah membawanya ke rumah.

Aturan paling penting adalah bersihkan dulu. Menurut ahli kimia William F. Carroll Jr dari Indiana University, bersihkan semua permukaan yang biasa digunakan seperti meja dapur, meja makan di dapur, pegangan pintu lemari es, talenan, tombol kompor, dan pintu kabinet.

Langkah selanjutnya adalah mendisinfeksi,menggunakan pemutih pakaian di permukaan yang bisa mentolerir pemutih. Juga pastikan kamar memiliki ventilasi yang memadai. 

Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (CDC) pemutih yang diencerkan, hidrogen peroksida atau 70% isopropil alkohol secara efektif membunuh coronavirus.

CDC menyarankan untuk mencampur 4 sendok teh pemutih per liter air. Biarkan selama satu menit di permukaan sampai Anda mengeringkannya.

Beberapa produk mungkin membutuhkan 30 detik untuk mengeringkan, yang lain mungkin perlu selama beberapa menit.

Jika Anda tidak memiliki sarung tangan maka cuci tangan Anda begitu selesai bebersih. Pertimbangkan untuk mensterilkan wadah yang tidak keropos. Anda dapat menggunakan tisu atau larutan desinfektan yang sama untuk membersihkan kaleng, botol, dan toples.

Pindahkan beberapa makanan ke wadah bersih, seperti biji-bijian utuh, kacang kering, pasta, sereal, dan barang-barang serupa lainnya. Dengan begitu Anda tidak perlu khawatir tentang kemungkinan kecil virus mengintai di wadah makanan masuk.

Untuk buah dan sayur cukup bilas seperti biasa. Anda tidak perlu merendam produk Anda dalam larutan sanitasi. kata Gordon. 

Cuci tangan Anda sampai bersih. Setelah Anda selesai membersihkan, cuci tangan Anda dengan sabun dan air setidaknya selama 20 detik, mengikuti rekomendasi CDC ini.

Keringkan tangan bersih Anda dengan handuk bersih. Jangan  menyeka tangan kotor dengan handuk bersih dan pastikan semua anggota keluarga lainnya melakukan hal yang sama. (M-1)

Baca Juga

MI

Lautan Layar Hitam dan Kontroversi Tagar

👤Irana Shalindra 🕔Selasa 02 Juni 2020, 23:58 WIB
Publik diminta tidak memasang tagar #blacklivesmatter di unggahan layar hitam mereka di...
Unsplash

Paparan Cahaya Ponsel Berlebih Saat Malam Bisa Picu Depresi

👤Fathurrozak 🕔Selasa 02 Juni 2020, 19:10 WIB
Serangan depresi ini berlangsung selama tiga minggu setelah tikus yang menjadi hewan uji diberi paparan cahaya...
Instagram @changiairport

Mulai Hari Ini, Changi Bertahap Buka Transit

👤Fetry Wuryasti 🕔Selasa 02 Juni 2020, 15:00 WIB
Maskapai penerbangan harus menyerahkan permohonan untuk jalur transfer di Bandara Changi ke...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya