Jumat 27 Maret 2020, 10:33 WIB

Jatim Mulai Gelar Rapid Test Serentak

Aries Wijaksena | Nusantara
Jatim Mulai Gelar Rapid Test Serentak

Istinewa
Gubernur Jatim khofifah Indar Parawansa.

 

PEMERINTAH Provinsi Jawa Timur menggelar rapid test serentak  Covid-19  di 38 kabupaten/kota, Jum'at (27/3).

Sebanyak 18.400 alat rapid test telah tiba di Jawa Timur dan telah didistribusikan ke 65 rumah sakit rujukan dan dinas kesehatan  di seluruh kabupaten/kota.

Alat rapid test yang didistribusikan tersebut merupakan bantuan dari Kementerian Kesehatan sebanyak 8.400 dan sebanyak 10.000 rapid test bantuan dari Yayasan Tzu Chi Buddha.

“Dari total rapid test yang ada di Jawa Timur, sebanyak 18.400. Kami bagi ke daerah ada sebanyak 16.600 untuk 65 rumah sakit rujukan  sebanyak 9.500  dan 7.020 untuk dinas kesehatan kabupaten/kota di Jawa Timur. Sisanya sebanyak 1.800 kita gunakan untuk bufferstock,” kata Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa.

Mantan Menteri Sosial dan Menteri Pemberdayaan Perempuan itu mengatakanpembagian alat rapid test ke rumah sakit rujukan ditentukan secara proporsional dengan melihat kebutuhan, jumlah  ruang isolasi dan juga pasien covid-19 yang dirawat.

“Prioritas pertama, adalah yang mengalami kontak erat risiko tinggi. Mereka adalah yang memiliki kontak dengan kasus konfirmasi positif covid-19. Termasuk di dalamnya adalah tenaga kesehatan, dokter, perawat dan juga yang mengantar dan membersihkan ruangan di tempat orang positif covid-19 dirawat,” kata Khofifah.

Selain itu, yang juga masuk dalam prioritas pertama juga mereka yang berada dalam satu ruangan yang sama dengan kasus positif mulai 2 hari sebelum kasus timbul sampai 14 hari setelah kasus timbul.

Serta juga orang yang bepergian bersama dengan segala jenis alat angkutan atau kendaraan mulai 2 hari sebelum kasus timbul sampai 14 hari setelah kasus timbul.

Sebagaimana diketahui, per Kamis (26/3), total kasus positif covid-19 di Jawa Timur mencapai 59 orang. Dengan 8 tambahan kasus positif baru yang tersebar 2 di Surabaya, 3 di Sidoarjo, 2 di Kediri dan 1 di Gresik.

Dengan begitu saat ini untuk rincian perkembangan kasus covid-19 positif di Surabaya ada 33 orang, di Kabupaten Sidoarjo ada 8 orang, di Magetan ada 8 orang, Kabupaten Malang ada 4 orang, Kabupaten Kediri 2 orang, dan Kota Malang 2, Kabupaten Blitar ada 1 orang serta Gresik ada 1 orang.

Sedangkan yang terkonfirmasi Pasien Dalam Pengawasan (PDP) di Jatim 221 orang, dan untuk Orang Dalam Pemantauan (ODP) yang terkonfirmasi ada 3.055 orang. (A-2)

Baca Juga

Antara

Ini Instruksi Gubernur Sumut ke Kepala Daerah dan Direktur RS

👤Yoseph Pencawan 🕔Sabtu 04 April 2020, 21:28 WIB
Gubernur juga menyampaikan kepada direktur RS se-Sumatra Utara agar tidak menolak pasien yang terindikasi mengidap...
Antara

Sumut Pastikan Seorang Pasien Positif Korona Sembuh

👤Yoseph Pencawan 🕔Sabtu 04 April 2020, 21:23 WIB
Namun, sebelumnya dia mengatakan bahwa jumlah pasien positif di daerahnya masih mengalami...
Antara

Wali Nagari di Agam Diwajibkan Beli Produk Pangan Lokal

👤Yose Hendra 🕔Sabtu 04 April 2020, 21:20 WIB
"Bantuan dari setiap nagari yang disalurkan kepada masyarakat berbeda-beda, sesuai dengan hasil pangan di nagari masing-masing,"...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya