Jumat 27 Maret 2020, 10:21 WIB

DPR Dukung Larangan Mudik untuk Cegah Penyebaran Covid-19

Rifaldi Putra Irianto | Humaniora
DPR Dukung Larangan Mudik untuk Cegah Penyebaran Covid-19

ANTARA/Siswowidodo
Ilustrasi--Sejumlah calon penumpang arus balik lebaran bersiap naik Kereta Api (KA) Kahuripan di Stasiun (KA) Madiun, Jawa Timur.

 

PEMERINTAH tengah mengkaji beberapa opsi terkait mudik lebaran mendatang, salah satunya opsi larangan mudik. Hal tersebut dilakukan sebagai upaya mencegah penyebaran virus korona.

Menanggapi hal tersebut, Anggota Komisi VIII DPR RI Selly Andriany Gantina, menyebutkan kekhusyukan ibadah Ramadan tidak akan terganggu jika pemerintah akhirnya mengambil kemungkinan terburuk yaiut opsi larangan mudik lebaran untuk mencegah penyebaran virus korona.

"Poinnya, ibadah selama bulan suci Ramadan tidak kehilangan makna sucinya. Masyarakat tetap bisa beribadah secara khusyuk walaupun dalam kondisi prihatin. Pemerintah harus jamin," kata Selly dalam keterangan resmi, Jumat (27/3).

Baca juga: Polisi Pastikan Penyebar Hoaks Covid-19 akan Diproses Hukum

"Bisa dong kita menunjukkan rasa empati kita sebagai umat beragama dengan tidak mudik dulu. Ada sekian risiko yang mungkin lebih besar kalau mudik. Bisa membahayakan sanak keluarga di kampung halaman" imbuhnya.

Ia menilai, tentunya pemerintah akan memkirkan secara matang terkait hal ini, dengan tujuan kebaikan bersama.

"Pemerintah sedang menghitung lewat kajian matang. Tujuan utamanya kan maslahat seluruh masyarakat" sebutnya.

Politisi PDI Perjuangan itu menambahkan virus korona ini tidak akan bisa teratasi jika tidak ada kesadaran bersama.

"Virus ini matinya karena kita disiplin ketat. Saatnya kerja sama kita semua untuk menahan diri dan berdisplin" tandasnya.

Ia juga menyebutkan, bila opsi larangan mudik Lebaran benar diambil pemerintah. Masyarakat dapat memanfaatkan teknologi untuk tetap merasakan nuansa Lebaran bersama keluarga dengan tetap menekan penyebaran pandemi virus korona.

"Nuansa Lebaran kan tetap bisa dirayakan dengan teknologi. Tinggal video call atau skype. Kalau tidak begitu nanti risiko paparan virus bisa kemana-mana. Harus sadar kita lawan korona ini itu butuh kerja sama" pungkasnya. (OL-1)

Baca Juga

Istimewa

Komite III DPD RI dan Mendkibud Jalin Komitmen Pendidikan Bermutu

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 26 Oktober 2020, 07:43 WIB
Komite III DPD RI memandang, diperlukan pelbagai penyesuaian dalam penyelenggaraan pendidikan tanpa mengesampingkan komitmen pendidikan...
MI/VICKY GUSTIAWAN

Sosialisasi AN Digesa

👤Syarief Oebaidillah 🕔Senin 26 Oktober 2020, 05:05 WIB
Asesmen nasional sebagai pengganti UN dinilai sama sekali belum dipahami oleh sekolah dan siswa, baik di kota besar apalagi di...
Sumber: Tim riset MI-NRC

Memfasilitasi Literasi Anak di Kala Pandemi

👤Suryani Wandari Putri/H-3 🕔Senin 26 Oktober 2020, 05:05 WIB
Terlihat sejumlah anak belajar di tenda tempat Sanggar Baca Alam Cisauk...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya