Jumat 27 Maret 2020, 09:25 WIB

Dunia Berupaya Lawan Resesi

Raja Suhud | Ekonomi
Dunia Berupaya Lawan Resesi

Antara/Wahyu Putra
Menteri Keuangan Sri Mulyani

 

Menteri Keuangan Sri Mulyani mengatakan pembuat kebijakan dari semua negara saat ini tengah berupaya merumuskan langkah-langkah yang ditempuh untuk mengurangi kedalaman resesi ekonomi akibat COVID-19.

Hal itu disampaikan Menkeu seusai mendampingi Presiden Jokowi mengikuti KTT Khusus G20 yang membahas tentang COVID-19, secara virtual dari Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Kamis (26/3) malam.

"Seluruh dunia menggunakan instrumen untuk melawan kemungkinan terjadinya atau sudah terjadinya resesi, agar segera bangkit atau mengurangi kedalaman resesi itu sendiri dan sedang dirumuskan policy maker  di masing-masing negara, dan kemudian kita akan kerja sama," ujar Sri Mulyani dalam konferensi pers via video dari Istana Kepresidenan Bogor.

Baca jugaPemerintah Bakal Beri Kredit ke Dunia Usaha

Sri Mulyani mengatakan di Indonesia upaya-upaya mendukung dunia usaha yang terkena dampak negatif COVID-19, sedang dilakukan agar tidak mengalami pemburukan semakin dalam dengan melakukan relaksasi pinjaman dan pembayaran pajak.

Dia menambahkan sejauh ini Pemerintah telah melakukan relaksasi perpajakan untuk sektor spesifik, dan relaksasi pinjaman perbankan.

"Kita matangkan bersama BI, OJK dan LPS untuk relaksasi," jelas Sri Mulyani.

Adapun Menkeu menyampaikan kesepakatan bersama negara G20 untuk mengatasi resesi global salah satunya adalah bersama-sama menggunakan instrumen di masing-masing negara sehingga ekspor dan impor tetap bisa berjalan.(Ant/E-1)
 

Baca Juga

MI/M. Irfan

RUU Cipta Kerja Solusi Penanganan Pengangguran akibat Pandemi

👤Cahya Mulyana 🕔Senin 06 Juli 2020, 23:44 WIB
Semangat RUU Cipta Kerja yang memangkas kerumitan investasi dinilainya bisa menjadi solusi atas krisis yang terjadi akibat...
Antara/Sukma

Burden Sharing Dinilai akan Kurangi Beban Utang Pemerintah

👤Despian Nurhidayat 🕔Senin 06 Juli 2020, 22:40 WIB
"Dengan mengurangi beban bunga utang pemerintah relatif terhadap penerimaan pajak, maka akan berpengaruh pada debt sustainability dan...
Ilustrasi

Bisnis Daring Istri Ikut Topang Ekonomi Keluarga di Masa Krisis

👤Ghani Nurcahyadi 🕔Senin 06 Juli 2020, 22:37 WIB
Di imasa pandemi Covid-19 ini para istri justu tampil sebagai penyelamat ekonomi keluarga dengan berbegai jenis usaha yang mereka lakukan...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya