Kamis 26 Maret 2020, 23:16 WIB

LIPI dan ITB Kembangkan Disinfection Chamber Bunuh Korona

Atikah Ishmah Winahyu | Humaniora
LIPI dan ITB Kembangkan Disinfection Chamber Bunuh Korona

Antara
Bilik disinfection chamber

 

LEMBAGA Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) bersama Institut Teknologi Bandung (ITB) bekerja sama mengembangkan disinfection chamber mengandung ozon yang efektif membunuh bakteri dan virus tanpa bahan kimia. Disinfection chamber ini digadang-gadang mampu membunuh virus hanya dalam 30 detik.

“Kami mengembangkan disinfektan yang tidak menggunakan bahan kimia, tapi memproduksi nano bubble dalam water yang nantinya berbentuk seperti ini mist yang langsung bisa kita operasikan melalui chamber,” kata peneliti dari Balai Pengembangan Instrumentasi LIPI Anto Tri Sugiarto dalam konferensi pers Konsorsium Covid-19, Kamis (26/3).

Anto menjelaskan, alat disinfeksi Ini mengandung ozon nano water yang sangat efektif dalam membunuh bakteri dan virus hingga 100 persen. Dia pun berharap

Ini kita kembangkan di LIPI dan ITB, sehingga bisa langsung mensterilisasi bakteri 100 persen, untuk virus di beberapa literasi kita sampaikan 30 detik bisa membunuh virus tersebut. Harapan kami alat ini dapat digunakan di walkthrough chamber, juga untuk di ruangan, masjid, atau kereta api di mana orang akan banyak bersinggungan.

Asisten Ahli Fakultas Teknik Sipil dan Lingkungan ITB Eko Charnius Ilman menambahkan, alat ini sudah siap secara prototipe dan sudah diuji coba.

“Kami sudah siap untuk memproduksi,” pungkasnya. (OL-2)

Baca Juga

Antara/Novrian Arbi

Aturan Teknis Resmi Berlaku, Begini Cara Daerah Ajukan PSBB

👤Atalya Puspa 🕔Sabtu 04 April 2020, 21:25 WIB
"Ya, sudah diteken Menkes. Jadi Permenkes no. 9 tahun 2020," kata Kepala Biro Hukum dan Organisasi Sekretariat Kementerian...
Dok. BIN

BIN Donasikan Alkes kepada RSUP Persahabatan

👤Cahya Mulyana 🕔Sabtu 04 April 2020, 20:13 WIB
Bantuan itu merupakan langkah nyata dan bentuk kolaboratif dalam membantu penanganan...
Istimewa

Gas Hidrogen Disebut Bermanfaat untuk Bantu Pasien Covid-19

👤Wisnu AS 🕔Sabtu 04 April 2020, 19:23 WIB
Sitokin atau protein kecil berfungsi dalam sistem...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya