Kamis 26 Maret 2020, 22:45 WIB

Anies Instruksikan Cegah Penularan Pada Penduduk Rawan

Putri Anisa Yuliani | Megapolitan
Anies Instruksikan Cegah Penularan Pada Penduduk Rawan

MI/Bary
Spanduk sosialisasi cegah virus korona Anies Baswedan

 

Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Anies Baswedan mengapresiasi masyarakat Jakarta dan semua pihak yang telah mengikuti imbauan dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta dan bekerja sama dalam rangka mencegah dan mengendalikan wabah Coronavirus Disease (covid-19) di Ibu Kota Jakarta. Hal ini disampaikannya di dalam kegiatan Update dan Daily Brief Tim Tanggap Covid-19 Pemprov DKI Jakarta, di Balaikota DKI Jakarta, Jakarta Pusat, Kamis (26/3).

Oleh karena itu, Anies mengajak semua pihak untuk terus berkolaborasi, khususnya untuk peduli dan membantu kelompok masyarakat yang memiliki tingkat risiko yang tinggi terhadap wabah covid-19. Sebagaimana diketahui, kelompok masyarakat lanjut usia (lansia) dan penyandang penyakit tertentu memiliki tingkat risiko terinfeksi yang cukup tinggi. Dari kasus kematian yang terjadi akibat covid-19, kebanyakan pasien merupakan lansia berusia 60 tahun ke atas dan warga yang menyandang penyakit tertentu.

"Ada kelompok masyarakat yang memiliki risiko yang amat tinggi terhadap covid-19. Mereka rentan bila terkena, maka risiko fatalitasnya cukup tinggi. Misalnya masyarakat lansia, penyandang penyakit tertentu seperti diabetes, asma dan lain-lain. Saya mengajak seluruh masyarakat untuk memerhatikan sekali mereka yang memiliki kerentanan untuk dibantu, diringankan," kata Anies.

Baca juga: Gubernur Anies Siapkan Aturan Larang Warga Tinggalkan Jakarta

Ia meminta warga untuk lebih memerhatikan orang tua dan bagi yang punya risiko karena penyakit bawaan agar dimudahkan sehingga mereka tidak harus pergi keluar. Ini harus dikerjakan sama-sama.

"Lewat RT/RW, PKK untuk membantu mengidentifikasi masyarakat yang berisiko tinggi agar tidak berkegiatan diluar dan terhindar dari potensi penularan," tegasnya.

Sementara itu, secara umum di Jakarta suasana jalan raya lengang karena masyarakat makin hari makin menyadari pentingnya untuk tetap berada di rumah.

"Ini tidak mungkin bisa dikerjakan hanya pemerintah sendiri. Harus semua pihak. Saya apresiasi semua yang memilih untuk tetap berada di rumah ketika pekerjaannya bisa dikerjakan dari rumah," ungkapnya.

Sementara itu, Ketua Tim Tanggap Covid-19 Pemprov DKI Jakarta, Catur Laswanto memaparkan bahwa sebanyak 604 pasien covid-19 sudah pulang dan dinyatakan sembuh. Lalu, Pasien Dalam Pengawasan atau PDP berjumlah 895 orang, dan yang masih dirawat sebanyak 291 orang.

"Sampai hari ini total pasien positif mencapai 495 orang. Yang dinyatakan sudah sembuh sebanyak 29 orang dan yang meninggal adalah 48 orang. Selanjutnya terkait Orang Dalam Pemantauan (ODP) mencapai 1850 orang. Adapun yang masih dipantau berjumlah 457 orang dan yang selesai dipantau berjumlah 1393 orang," imbuhnya di dalam kesempatan yang sama. (OL-14)

 

Baca Juga

ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto

DKI Catat Investasi Tertinggi Di Masa Pandemi

👤Putri Anisa Yuliani 🕔Sabtu 08 Agustus 2020, 12:25 WIB
Selama periode triwulan II 2020 realisasi Penanaman Modal Asing  DKI Jakarta, sebesar US$ 0,8 miliar atau setara dengan Rp12,2 triliun...
ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra

Wagub DKI Minta Gugus Tugas Tingkat RW Lebih Tegas

👤Putri Anisa Yuliani 🕔Sabtu 08 Agustus 2020, 08:09 WIB
Wakil Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria meminta Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Tingkat RW memiliki...
ANTARA/Risky Andrianto/Medcom.id

Ombudsman Sebut PPDB di Depok Selesai

👤KG/J-2 🕔Sabtu 08 Agustus 2020, 07:11 WIB
Mayoritas laporan terkait tidak diterimanya calon peserta didik pada seluruh tahapan PPDB (zonasi, afirmasi, prestasi, dan perpindahan...

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya