Kamis 26 Maret 2020, 22:26 WIB

Kendati Wabah Korona, Petani Jambi Semangat Panen Padi

mediaindonesia.com | Ekonomi
Kendati Wabah Korona, Petani Jambi Semangat Panen Padi

Istimewa/Kementan
Petani sedang memanen padi di wilayah Provinsi Jambi.

 

DI tengah merebaknya virus korona atau Covid-19 yang begitu masif, tidak mengurangi semangat petani di Provinsi Jambi untuk tetap giat turun ke sawah memanen padi yang kni sudah memasuki puncak panen raya. Harapan petani semoga wabah ini cepat berlalu, sehingga dapat memenuhi kebutuhan beberapa komoditas memasuki hari besar keagamaan yakni Puasa dan Lebaran.

Salah satu lokasi panen di Provinsi Jambi adalah di Kabupaten Sarolangun tepatnya di Desa Ujung Tanjung dan Desa Tinting. Siti Anita, Petugas Penyuluh Lapangan (PPL) desa setempat mengatakan, panen tahun ini memberikan hasil cukup baik, terutama untuk varietas padi gogo lokal dengan hasil ubinan 2,5 ton/ha atau sama dengan rata-rata produktivitas nasional.

"Tingkat serangan hama cukup tinggi karena dekat dengan kebun petani, serta terkendala dengan air saat tanaman memasuki masa pertumbuhan, tapi hasilnya masih cukup baik," kata Siti.

Varietas padi gogo yang ditanam adalah varietas lokal. Diantaranya, pulut, segon, kabut, Seni, Karang Bungo, Silang dan Kuning.  Luas pertanaman padi gogo di lokasi panen seluas 135 haktare (ha).

Di lokasi panen lainnya di Provinsi Jambi tepatnya di Desa Rawa Medang Kecamatan Batang Asam Kabupaten Tanjung Jabung Barat merupakan lahan irigasi, dengan luasan lebih kurang 900 ha, juga melaksanakan panen dengan menggunakan alat power thraser dan combain harvester. Hasil Ubinan sekitar 5.5-6 ton GKG per ha.

Sementara itu dalam berbagai kesempatan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo juga meminta agar produksi pertanian tetap berjalan bahkan digenjot hingga berlipat-lipat. Apalagi, sektor ini memiliki potensi yang sangat besar dalam menumbuhkan ekonomi nasional.

"Adanya musibah wabah virus Covid-19 ini tidak boleh membuat aktivitas pertanian berhenti. Kementan akan terus optimalkan SDM Pertanian untuk menggenjot produksi dan produktivitas bahkan ekspor," katanya.

"Semoga wabah ini cepat selesai dan petani semakin semangat lagi dalam bercocok tanam mari kita buktikan dengan optimisme bahwa Indonesia akan terus ada sebagai negara besar, kaya, dan mari support mereka, jangan cemaskan jangan Cemaskan mereka tentang Covid 19 disaat musim panen sekarang ini," papar Mentan.(OL-09)
 

Baca Juga

Istimewa

Implementasi Syariah Sejalan dengan Ekonomi Berkelanjutan

👤Indriyani Astuti 🕔Sabtu 08 Agustus 2020, 11:05 WIB
Terdapat tiga konsep dalam ekonomi syariah yakni people, planet, profit yang diharapkan mampu dilaksanakan pelaku ekonomi sehingga terwujud...
Johannes EISELE / AFP

Wall Street Bervariasi, Nasdaq Ditutup Jatuh 0,87 Persen

👤Antara 🕔Sabtu 08 Agustus 2020, 09:07 WIB
Perlambatan tajam dalam pertumbuhan lapangan kerja AS dan investor khawatir anggota parlemen akan gagal menyetujui RUU stimulus fiskal baru...
ANTARA FOTO/FB Anggoro

Aksi Ambil Untung Emas Anjlok 41 Dolar

👤Antara 🕔Sabtu 08 Agustus 2020, 06:57 WIB
Harga emas tertekan lebih lanjut oleh kebuntuan dalam pembahasan rancangan undang-undang bantuan baru virus korona atau stimulus ekonomi...

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya