Kamis 26 Maret 2020, 18:50 WIB

Dinilai Tidak Sensitif, Panlih Punya Jawaban

Putri Anisa Yuliani | Megapolitan
Dinilai Tidak Sensitif, Panlih Punya Jawaban

MI/Istimewa
Siapakah yang akan terpilih menjadi wakil gubernur DKI Jakarta?

 

Panitia Pemilihan (Panlih) Wakil Gubernur (wagub) DKI Jakarta membantah terburu-buru melakukan pemilihan dan tidak sensitif pada imbauan pemerintah untuk menjaga jarak atau social distancing.

Ketua Panlih Wagub DKI Farazandhi menyebut pemilihan wagub yang dijadwalkan pada 6 April mendatang sudah sesuai tata tertib. Dia menambahkan bahwa pemilihan wagub sangat penting terlebih di masa genting menghadapi wabah covid-19 saat ini.

"Kami meyakini kinerja Pak Gubernur tidak bisa sendiri dalam menghadapi wabah pandemik. Bayangkan banyak kepala daerah yang terkena, tapi ada back up-nya atau ada wakilnya. Sekarang, ya kami tidak berharap. Kami mendoakan Pak Gubernur selalu sehat, tapi ini kan wabah paling besar di Jakarta. Tentu butuh 'back up'," kata Farazandhi di Gedung DPRD DKI Jakarta, Kamis (27/3).

Baca juga: Tok! DPRD Sepakat Pemilihan Wagub DKI Digelar 6 April

Farazandhi yang juga politikus PAN ini justru khawatir penundaan pemilihan wagub DKI akan semakin memberatkan tugas memimpin Jakarta saat ini. Ia juga mengkhawatirkan penundaan yang akan semakin lama justru menjadi beban bagi anggota dewan karena kurang bisa menjalankan tugasnya memilih wagub sesuai Undang-undang No. 10 tahun 2016 tentang Pilkada.

"Kita melihat tren. Ini (covid-19) memang mulai nanjak. Kami meyakini peak-nya nih belum, masih nanti. Makin ditunda, kami juga tidak tahu, ini mau ditunda sampai kapan. Makanya kami minta kejelasan," tukasnya.

Ia juga menjamin dalam pemilihan wagub nantinya akan melakukan protokol kesehatan untuk menjaga agar covid-19 tidak menulari partisipan yang hadir.

Oleh sebab itu, sebelum pemilihan wagub DKI, ia mendorong seluruh anggota DPRD yang belum melakukan medical check-up (MCU) usai dari kunjungan kerja atau mengikuti agenda di luar Jakarta lainnya untuk segera melakukan MCU.

"Jadi, panlih punya kewajiban untuk memastikan dan menjamin keselamatan keamanan dan kelancaran berlangsungnya paripurna pemilihan wagub nanti," tegasnya.

 

Baca Juga

Antara/Polres Jakarta Barat

Polres Jakbar Tangkap Kurir 1 Kilogram Sabu

👤Tri Subarkah 🕔Sabtu 28 Maret 2020, 22:20 WIB
Total barang bukti yang diamankan petugas adalah 1 kilogram narkoba jenis...
Ist

Penutupan Tempat Hiburan Malam di Jakarta akan Diperpanjang

👤Putri Anisa Yuliani 🕔Sabtu 28 Maret 2020, 22:11 WIB
"Sedang dievaluasi. Nanti kalau memang diperlukan kita perpanjang," kata Cucu saat dihubungi Media Indonesia, Sabtu...
MI/Pius Erlangga

Hasil Rapid Test di DKI: 10.338 Warga Negatif Virus Korona

👤Putri Anisa Yuliani 🕔Sabtu 28 Maret 2020, 22:09 WIB
"Telah dilakukan 10.459 rapid test dengan hasil 121 orang dinyatakan positif dan 10.338 orang...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya