Kamis 26 Maret 2020, 18:16 WIB

Peduli Korona, Permata Sumbang 1 Miliar untuk Tenaga Medis

Dero Iqbal Mahendra | Humaniora
Peduli Korona, Permata Sumbang 1 Miliar untuk Tenaga Medis

MI/SUSANTO
Wakil Ketua Permata, Andaka Narjadin (kedua kiri) menyerahkan bantuan yang diterima oleh Presiden Direktur Metro TV Don Bosco Selamun.

 

KELANGKAAN Alat Perlindungan Diri (APD) bagi tenaga medis dalam menangani  virus korona (Covid-19) mendorong Yayasan Persatuan Masyarakat Indonesia Tionghoa Peduli Bencana (Permata) untuk memberikan bantuan sebesar Rp1 miliar.

Dana tersebut diserahkan kepada yayasan benihbaik.com yang langsung disalurkan melalui dompet donasi Media Group agar dapat langsung bermanfaat bagi tenaga medis dan masyarakat di lapangan.

Wakil Ketua Yayasan Permata Andaka Narjadin mengemukakan organisasinya yang sejak berdiri pada 2004 selalu aktif dalam memberikan bantuan kemanusiaan di berbagai peristiwa bencana.

Baca juga: Rumah Zakat Sumbang APD dan Logistik untuk Tim Medis

"Sesuai namanya kami memiliki semangat untuk membantu berbagai bencana di berbagai lokasi di Indonesia. Setiap ada bencana kita akan terjun membantu," terang Andaka saat ditemui dalam penyerahan bantuan kemanusiaan di Grand Studio Metro TV Jakarta, Kamis (26/3).

Organisasinya telah aktif sejak 2004 ketika gempa Aceh dengan bekerja sama dengan Dr Lee Darmawan. Selain itu organisasinya juga aktif membantu saat gempa Lombok dengan mendirikan hingga 200 tenda sementara untuk sekolah anak dan rumah sakit darurat.

Andaka juga menyebutkan dirinya pun ikut aktif saat terjadi gempa Bantul-Yogyakarta. Ketika itu ia terjun langsung ke daerah gempa selama satu bulan.

Ia berharap dengan bantuan ini dapat membantu para tenaga medis dan masyarakat yang membutuhkan bantuan. Selain itu ia juga mengharapkan agar visi Permata yang selalu siap menolong dapat diteruskan oleh generasi muda.

"Tahun ini covid-19 menjadi fokus kita untuk memberikan bantuan. Kita kali ini memberkan dana bantuan sebesar Rp1 miliar untuk memeranginya," tutur Andaka.

Dalam kesempatan yang sama Co Founder Benihbaik.com Anggit Hernowo mengungkapkan rasa terima kasihnya atas dana yang disalurkan tersebut. Anggit menjelaskan dana tersebut akan langsung mereka salurkan melalui dompet donasi Media Group.

"Saat ini Media Group sudah siap dengan Alat Pelindung Diri (APD), masker dan perlengkapan yang dibutuhkan oleh rumah sakit rumah sakit dan kami saat ini sudah mulai menyalurkan bantuannya. Jadi kami ingin agar sumbangan yang kami terima ini dapat langsung disalurkan dan digunakan oleh rumah sakit rumah sakit yang memerlukan," terang Anggit.

Ia melanjutkan selain dari yayasan Permata, pihaknya juga melakukan penggalangan dana dari seluruh masyarakat umum, baik itu perseorangan, perusahaan, maupun institusi. Untuk yang ingin berpartisipasi dapat langsung membuka situs benihbaik.com dan dapat langsung memilih jenis bantuan yang akan diberikan.

"Apakah ingin membantu untuk pengadaan APD, atau UMKM, atau hand sanitizer untuk panti asuhan dan lainnya dapat kita salurkan," terang Anggit.

Lebih lanjut Anggit menjelaskan pihaknya saat ini sudah cukup banyak menerima donasi dan bantuan yang saat ini sudah disalurkan ke masyarakat maupun institusi yang membutuhkan. Misalnya untuk masker, sudah mulai disalurkan kepada PMI sebesar Rp1 miliar dan ke BNPB sudah disalurkan bantuan dana Rp5,2 miliar.

"Alhamdulilah masyarakat Indonesia adalah masyarakat yang dermawan sehingga dapat bergotong royong dalam menghadapi virus korona ini. Kami yakin perjalanan masih panjang sehingga kami terus mengimbau agar terus peduli dan terus bergotong royong," terang Anggit.

President Director Metro TV Don Bosco Selamun yang mewakili Dompet Donasi Media Group mengungkapkan peruntukan dana ini akan digunakan untuk membeli  APD dalam bentuk pakaian dokter dan paramedis, serta sarung tangan, masker dan kebutuhan lainnya untuk kita salurkan ke rumah sakit-rumah sakit, dokter, maupun tenaga medis yang membutuhkan.

"Mereka sebagai pejuang di garis depan memiliki masalah keamanan dalam bekerja, dan mereka merupakan pahlawan hari ini," tegas Don Bosco.

Ia juga mengungkapkan dana tersebut juga akan disalurkan kepada masyarakat yang membutuhkan. Misalnya hand sanitizer dan masker dengan disalurkan melalui institusi terkait, baik itu rumah sakit, kepala dinas kesehatan, atau ke organisasi, dan perorangan yang  membutuhkan.

"Kita semua sedang susah, tetapi mungkin ada yang memiliki kelebihan dibandingkan masyarakat lainnya dan saat ini merupakan saat yang paling baik untuk saling membantu," pungkas Don Bosco. (Dro/A-1)

Baca Juga

Antara/Novrian Arbi

Aturan Teknis Resmi Berlaku, Begini Cara Daerah Ajukan PSBB

👤Atalya Puspa 🕔Sabtu 04 April 2020, 21:25 WIB
"Ya, sudah diteken Menkes. Jadi Permenkes no. 9 tahun 2020," kata Kepala Biro Hukum dan Organisasi Sekretariat Kementerian...
Dok. BIN

BIN Donasikan Alkes kepada RSUP Persahabatan

👤Cahya Mulyana 🕔Sabtu 04 April 2020, 20:13 WIB
Bantuan itu merupakan langkah nyata dan bentuk kolaboratif dalam membantu penanganan...
Istimewa

Gas Hidrogen Disebut Bermanfaat untuk Bantu Pasien Covid-19

👤Wisnu AS 🕔Sabtu 04 April 2020, 19:23 WIB
Sitokin atau protein kecil berfungsi dalam sistem...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya