Kamis 26 Maret 2020, 18:10 WIB

Gedung Diklat Kemendagri di Bogor Jadi Tempat Isolasi Covid-19

Gaudensius Suhardi | Megapolitan
Gedung Diklat Kemendagri di Bogor Jadi Tempat Isolasi Covid-19

Dok Kemendagri
Bupati Bogor Ade M Yasin (kiri) saat meninjau gedung Diklat Kemendagri

 

GEDUNG Pendidikan dan latihan (Diklat) Kementerian Dalam Negeri yang terletak di Desa Kemang Bogor, Jawa Barat, akan dipinjamkan ke Kabupaten Bogor untuk menangani pasien pengidap covid-19. Gedung diklat tersebut memiliki kapasitas tampung karantina covid-19 sebanyak 160 tempat tidur.

Sebagaimana diketahui, Kabupaten Bogor termasuk wilayah terdampak langsung penularan covid-19 yang mematikan. Banyak warga Kabupaten Bogor, yang berbatasan langsung dengan Jakarta itu, masuk kategori ODP (orang dalam pengawasan).

Jumlah ODP di Kabupaten Bogor diprediksi akan bertambah bila rapid test covid-19 digelar. Karenanya fasilitas karantina atau gedung isolasi mutlak dibutuhkan.

Dalam rangka itulah, Mendagri Tito Karnavian memberikan bantuan penggunaan gedung diklat itu sebagai tempat isolasi covid-19 bagi warga Kabupaten Bogor.

"Pak Kaban, tolong dihaturkan terima kasih ke Pak Menteri, "setuju pisan” dgn semua fasilitas diklat yang ada”, demikian bunyi percakapan Whatsapp Bupati Bogor Ade M Yasin ke Kepala Badan BPPSDM-Kemendagri Teguh Setyadi seusai menijau kondisi Gedung Diklat, Kamis (26/3).

Baca juga: Yayasan Media Group Serahkan APD ke Wakil Wali Kota Bogor

Dari keterangan tertulis yang diterima Media Indonesia, Ade juga memerintahkan jajarannya di dinas PUPR Kabupaten Bogor untuk memasang lebih banyak wastafel untuk keperluan cuci tangan dan pemasangan bilik sanitizer yang statis dan portabel di dalam area gedung.

Baca juga: Pegawai Bima Arya yang Ikut ke Azerbaijan Juga Positif Covid-19

Dinas Kesehatan Kabupaten Bogor juga akan dikerahkan untuk melengkapi alat kesehatan dan sarana prasarana lainnya yang mendukung penanganan covid-19.

Sebelumnya, Gedung Diklat Kemendagri di Bali juga telah dialihfungsikan sebagai gedung isolasi.

Baca juga: Bupati Bogor : Saya Bukan Avatar, Bisa Kendalikan Air

Penyiapan gedung diklat Kemendagri di seluruh Indonesia untuk menjadi alternatif perawatan korban covid-19 merupakan instruksi Presiden Jokowi ke Mendagri Tito dalam rangka penyediaan sarana untuk antisipasi lonjakan pasien covid-19 sesuai protokol Kemenkes.

Kemendagri memiliki gedung diklat di hampir semua provinsi dengan kapasitas kamar sebanyak 5.036 kamar. Sementara kegiatan diklat di daerah ditangguhkan, gedung tersebut dialihfungsikan sementara untuk penanggulangan covid-19.(X-15)

Baca Juga

ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto

DKI Catat Investasi Tertinggi Di Masa Pandemi

👤Putri Anisa Yuliani 🕔Sabtu 08 Agustus 2020, 12:25 WIB
Selama periode triwulan II 2020 realisasi Penanaman Modal Asing  DKI Jakarta, sebesar US$ 0,8 miliar atau setara dengan Rp12,2 triliun...
ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra

Wagub DKI Minta Gugus Tugas Tingkat RW Lebih Tegas

👤Putri Anisa Yuliani 🕔Sabtu 08 Agustus 2020, 08:09 WIB
Wakil Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria meminta Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Tingkat RW memiliki...
ANTARA/Risky Andrianto/Medcom.id

Ombudsman Sebut PPDB di Depok Selesai

👤KG/J-2 🕔Sabtu 08 Agustus 2020, 07:11 WIB
Mayoritas laporan terkait tidak diterimanya calon peserta didik pada seluruh tahapan PPDB (zonasi, afirmasi, prestasi, dan perpindahan...

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya